28/11/2022

Wartajateng.id – Bertempat di Pendopo Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal pada hari Sabtu, 20 November 2021, Puskesmas Tarub melaksanakan kegiatan Jambore Kader. Dihadiri oleh Puskesmas Tarub, RS Mitra Siaga,  Koperasi Dinas Kesehatan, dan juga TP PKK Desa serta diikuti oleh perwakilan kader dari 12 desa sejumlah kurang lebih 70 peserta.

Diawali dengan sambutan dari petugas promkes Puskesmas Tarub Peni Octi Biaktarini, SKM mewakili Kepala Puskesmas Tarub yang dalam hal ini belum bisa hadir secara langsung. Dalam sambutannya menyampaikan manfaat diselenggarakannya kegiatan ini. “Jambore kader ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kemampuan kader serta mempererat silaturahmi di antara kader desa yang satu dengan kader yang lainnya”, bilang Peni Octi Biaktarini, SKM.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba senam Covid-19 bertajuk “Covid-19 cepatlah dikau berlalu”.  Setiap peserta terdiri dari 6 sampai 8 orang. Kriteria penilaian lomba senam ini meliputi kekompakan, tema lagu mengenai Covid-19 cepatlah dikau berlalu, keserasian kostum dengan musik, serta tema gerakan.

 

 

Penilaian Lomba Senam dipantau juri berjumlah 3 orang yang berasal dari instruktur senam luar Puskesmas Tarub dan juga dari internal Puskesmas Tarub. Antusias dan kreatifitas dari peserta sangat beragam, Mulai dari gerakan senamnya, busana yang digunakan, dan juga kekompakan gerakan.

 

Suasana perlombaan ini berlangsung dengan suasana yang ramai karena dukungan dan semangat dari penonton kepada setiap peserta yang tampil. Masing-masing peserta menunjukkan penampilan semaksimal mungkin karena untuk memperebutkan piala dan juga hadiah.

 

Acara Jambore Kader ini juga mendapat dukungan dari Koperasi Dinas Kesehatan, RS Mitra Siaga, serta dari koordinator program promkes, gizi, KIA, dan kesehatan lingkungan untuk turut menyediakan hadiah atau doorprize untuk peserta.

 

Kegiatan jambore kader ini dilaksanakan rutin setiap 2 tahun sekali dengan konsep acara yang berbeda-beda. Untuk tahun ini karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 penyelenggaraan kegiatan jambore kader masih bertema Covid-19.

Lomba Senam di nobatkan sebagai juara 1 yakni Desa Karangmangu, juara 2 Desa Jatirawa, juara 3 Desa Purbasana, juara harapan 1 Desa Kabukan, juara harapan 2 Desa Lebeteng, dan juara harapan 3 diperoleh Desa Setu.

 

Selain itu juga diadakan penyerahan piala dan hadiah lomba penyuluhan kader yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu. Diharapkan dengan diadakan Jambore Kader dapat mempererat silaturahmi kader dan menambah pengetahuan kader tentang kesehatan serta menjaga kebugaran dan kesehatan di masa pandemi dan berharap Covid-19 segera berlalu agar dapat berangsur normal kembali.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *