Aktivis Perempuan Donasi Korban Abrasi Demak

Flyer open donasi untuk membantu desa tenggelam akibat abrasi. (Foto : ist).

Demak (wartajateng.id) – Aktivis perempuan yang tergabung dalam beberapa aliansi mengadakan open donasi untuk akses jalan Dukuh Timbulsoko (Desa Tenggelam Akibat Dampak Abrasi) Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan.

Aliansi tersebut antara lain yakni Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia (PPNI), Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Semarang, Puspita Bahari, dan Yayasan Paralegal Pertiwi.

Ketua Puspita Bahari Demak, Masnuah mengungkapkan bahwa abrasi mulai menghantam Desa Timbulsoko pada tahun 2010 dan hingga saat ini desa tersebut semakin tenggelam. Sehingga berdampak pada hilangnya mata pencaharian warga sebagai petani, petambak dan aktifitas lainnya juga terganggu.

BACA JUGA  Presiden Fokus Turunkan Stunting di 10 Provinsi

“Seluruh kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan ini sangat memprihatinkan karena setiap hari terancam abrasi yang berasal dari perairan utara Jawa,” kata Masnuah, Senin (1/3/2021).

Masnuah menambahkan, ada sekitar 170 KK warga Dukuh Timbulsloko yang masih bertahan hidup di genangan air laut, yang mana warga menjalani kehidupan sehari-hari dengan terus beradaptasi terhadap lingkungannya dengan meninggikan rumah dan jalan secara swadaya.

“Mulai tanggal 12 Februari 2021 warga Timbulsoko mulai membangun jalan yang menjadi akses satu-satunya masuk kampung, pembangunan jalan tersebut hasil iuran warga,” jelasnya.

BACA JUGA  Prakiraan Cuaca, Senin 30 November 2020 Jateng Diguyur Hujan

Lebih lanjut karena keterbatasan dana, jalan yang di bangun dari kayu dengan lebar 1,30 cm itu baru mampu diselesaikan 60% dan masih kurang 40% agar dapat digunakan, sehingga pihaknya mencoba membantu dengan membuka donasi.

“Waktu Donasi mulai 1 – 7 Maret 2021. Donasi dapat dikirim melalui rekening Bank BRI atas nama: Yayasan Paralegal Pertiwi – 0016 01 000798 56 7. Kontak person : Masnuah – 085225985110.” tegasnya.

Selain itu pihaknya terus mendesak Pemerintah untuk segera hadir memulihkan desa-desa pesisir di Indonesia yang telah dan tengah tenggelam dari dampak krisis iklim sebagaimana yang terjadi di desa-desa di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. (Nizar-05).

BACA JUGA  Malam Hari, Kawasan Parkir Ini Disulap Jadi Kuliner Eksklusif

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: