28/11/2022

wartajateng.id – Mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan awal tahun ini, masyarakat bersama  Babinsa  Koramil 10/Batang melakukan gotong royong membersihkan selokan air di RT 03 RW 08 Kadilangu Kelurahan Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (16/01/2022).

Babinsa Serda R.Susanto bersama warga setempat bahu membahu membersihkan saluran air, tumpukan sampah hingga lumpur yang ada di dalam selokan.

Serda Susanto mengatakan, sejumlah titik yang menjadi perhatian di antaranya memotong dahan yang kiranya membahayakan, membersihkan sampah dan rumput liar di sepanjang saluran air.

Karya bakti kali ini dilakukan karena sudah banyak terlihat tumpukan tanah dan sisa-sisa material yang dikhawatirkan menimbulkan sumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir.

“Apalagi awal tahun ini intensitas hujan yang disertai angin kencang sangat tinggi, hampir setiap hari turun hujan,” jelasnya.

Ia mengimbau, agar para warga waspada dengan perubahan cuaca yang bisa berubah setiap saat, kurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan dan jangan lupa tetap jaga kebersihan serta jangan membuang sampah disungai yang bisa mengakibatkan selokan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir.

“Selokan tersumbat juga dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak, sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah,” ujar dia.

Ia juga mengharapkan, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran air dan lingkungan.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *