28/11/2022

wartajateng.id – Untuk mengantisipasi dan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), Kepolisian Sektor Limpung Polres Batang aktif blusukan di Pasar Hewan. Petugas Polsek Limpung menyambangi pasar hewan saat hari pasaran ‘Pahing’ di Pasar Hewan Limpung, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jumat (10/6/2022).

Kasi Umum Polsek Limpung Aiptu Ernawan besama petugas Dinas Peternakan Farid dan Kepala Pasar Hewan, H Indiharto, berkeliling menyambangi para pedagang dan menyampaikan, agar para pedagang selalu mewaspadai penyebaran PMK.

“Saya imbau para pedagang agar kondisi ternak yang akan di jual di cek dulu kesehatannya, ketika sakit segera diobati atau di bawa ke Mantri/Puskeswan,” tegasnya.

Petugas Dinas Peternakan Farid menjelaskan, sebelum masuk pasar hewan dilakukan penyemprotan disinfektan terlebih dahulu sebagai langkah pencegahan.

“Pada pintu masuk kami semprot dan periksa, apabila terdapat ciri-ciri penyakit PMK kami isolasi dan obati agar tidak terjadi penularan. Alhamdulillah sampai saat ini belum kami temukan yang terjangkit penyakit tersebut,” jelasnya.

Semenjak di buka kembali tanggal 4 juni kemarin semua ternak di Pasar Limpung sehat.

“15 hari pasar kami tutup atau dalam tiga pasaran Pahing/pasaran hewan besar, semua prosedur kami laksanakan termasuk penyemprotan disinfektan pada ternak dan lingkungan pasar. Terima kasih pak Kapolsek beserta jajarannya yang aktif menyambangi pasar,” ungkapnya.

Mulyo Salah satu pedagang sapi asal Tenggulangharjo Subah menyampaikan, sebagai pedagang dan peternak dirinya selalu mewaspadai penularan penyakit pada sapi dirumahnya.

“Sampai saat ini belum ada yang terjangkit, jika ada segera akan kami laporkan kepada dinas terkait, sebagai langkah antisipasi penyemprotan disinfektan selalu saya lakukan di kandang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Limpung AKP Prisandi Tiar menampaikan sesuai arahan Kapolres Batang AKBP M.Irwan Susanto pihaknya berkomitmen bersama dinas terkait akan terus memantau dan melakukan pengawasan terhadap PMK.

“Hal ini menindaklanjuti perintah bapak Kapolres, jajaran Polsek Limpung selalu berkoordinasi dengan dinas peternakan dan pasar untuk menekan penyebaran PMK pada hewan,” terangnya.

Untuk itulah, imbauan kepada masyarakat selalu disampaikan oleh petugas di lapangan termasuk Bhabinkamtibmas dan Polmas di desanya.

“Agar stabilitas Kamtibmas terjaga. Terima kasih kepada Dinas Peternakan dan kepala pasar yang selalu berkomunikasi dan koordinasi selama ini,” ujar dia.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *