Awas, Melanggar Protokol Kesehatan di Demak Bisa Kena Denda

Salah seorang warga disuruh menghafal Pancasila saat kepergok melanggar protokol kesehatan di Alun-alun Demak. (Foto: Zaidi)

Demak (wartajateng.id) – Kapolres Demak menggelar Operasi Yustisi Protokol Covid-19 di sekitar Alun-alun Kota Demak. tepatnya di jalan raya depan Rutan Demak, Rabu, (16/9/2020).

Dalam operasi itu berhasil menjaring beberapa pengendara, seperti mobil, truk, angkutan umum, dan sepeda motor yang kedapatan tidak mengenakan protokol kesehatan berupa masker.

“Kami Polres Demak, Kodim Demak, Pemerintah Daerah Demak, Satuan Gugus Tugas Demak melakukan kegiatan operasi yustisi protokol Covid-19,” kata Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adhitama kepada wartajateng.id, Rabu (16/9/2020) di lokasi.

AKBP Andhika juga menjelaskan, kegiatan operasi ini dilaksanakan setiap hari dan terbagi menjadi dua, secara statis dan mobile. Dari pagi, siang, sore, dan malam.

“Tujuannya untuk menekan dan memumutus mata rantai virus Covid-19 di Kabupaten Demak, dan untuk mendisiplinkan masyarakat sehingga selalu mematuhi protokol kesehatan. Khususnya memakai masker setiap keluar rumah,” tegas AKBP Andhika.

Bagi mereka yang kedapatan melanggar (tidak memakai masker) langsung dikenakan sanksi berupa teguran lisan, menghafal Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia raya, hingga sanksi administrasi dan denda.

“Sesuai aturannya, ketika ditemukan kembali setelah teguran lisan diberikan sanksi sosial seperti membersihkan tempat umum. Kemudian kalau ditemukan lagi sesuai datanya akan diberikan sanksi denda,” katanya.

Adapun pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan akan dilaksanakan secara terus menerus sampai pandemi berakhir.

Selain operasi yustisi, AKBP Andhika juga mengaku, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan edukasi di masyarakat.

“Kami khususnya Polres, Kodim juga, Pemerintah Daerah, sudah membentuk Satuan Gugus Tugas untuk melaksanakan sosialisasi sampai ke tingkat desa, termasuk kepala desanya sendiri juga,” pungkasnya. (Zaidi-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: