Bekerja dari Rumah atau Berbisnis dari Rumah

NS M Imron Rosyidi S Kep M Kep

Semarang (wartajateng.id) − Data Global Enterpreneurship Index 2018 dari 137 negara, Indonesia berada di peringkat 94 dalam hal kewirausahaan. Posisi tersebut masih tertinggal dibandingkan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya. Seperti, Vietnam berada di urutan ke 87, Filipina di posisi 76, Thailand di 71, Malaysia peringkat 58, Brunei Darussalam di 53, serta Singapuran berada di urutan ke 27.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) jumlah pengusaha di Indonesia meningkat sebesar 1,67% menjadi 3,10% dari total jumlah pendudukan Indonesia sebanyak 225 juta jiwa. ‎Rasio wirausaha kita berdasarkan data BPS, jumlah wirausaha BPS meningkat 3,10 persen‎.

Berdasarkan dua data diatas maka peluang untuk berbisnis dari rumah sudah seharusnya dioptimalkan. Seorang yang berbisnis dari rumah secara otomatis akan melakukan pekerjaan dari rumah, dia akan memaksimalkan rumah sebagai smart office home office.

Bekerja dari rumah dan berbisnis dari rumah secara arti dan makna memang berbeda signifikan. Seseorang yang bekerja dari rumah memiliki tuntutan yang berbeda dengan orang yang berbisnis dari rumah.

Bisnis apa saja yang dapat dilakukan dari rumah, berjualan online (anda produksi sendiri, dipasarkan melalui marketplace atau social media, atau menggunakan website toko milik anda sendiri.

Menjadi dropshipper, anda menjualkan produk orang lain mereka yang mengepak produk dan mengirimkan produk atas nama anda. Menjadi Reseller, anda mengambil produk dari seseorang dengan harga tertentu.

Affiliate Marketing, anda mengiklankan sebuah produk biasanya dalam bentuk link yang nanti akan mengarah ke website penjual, jika terjadi transaksi maka anda akan mendapatkan komisi.

Apa syarat bisa menjalankan bisnis dari rumah. Yakni memiliki HP atau Laptop yang terhubung ke Internet. Mengapa harus terhubung ke internet? karena 100 persen generasi sekarang mengakses informasi melalui menggunakan internet. (Dosen Universitas Ngudi Waluyo NS M Imron Rosyidi S Kep M Kep-01)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: