28/11/2022

wartajateng.id – Tidak ada yang menyangka besek bekas keranjang terbuat dari anyaman bambu biasa digunakan masyarakat Jawa untuk membawa makanan hanya berakhir menjadi sampah setelah digunakan. Ditangan kreatif Fery Ferdian (39) warga Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang mengolahnya menjadi action figure samurai dan superhero.

Pria yang berprofesi sebagai penjual helm ini sejak adanya Pandemi Covid-19 setahun yang lalu mengolah besek bekas menjadi action figure. Hal ini dilakukan karena pada waktu itu penjualan helm miliknya menurun drastis sejak Pandemi Covid-19 melanda.

“Awalnya ngisi waktu luang semenjak adanya PPKM setahun yang lalu. Jadi saya mikir untuk membuat sesuatu yang unik, akhirnya punya ide membuat besek bekas menjadi action figure samurai, karena saya pribadi menyukai karakter samurai,” kata Fery saat ditemui di Rumahnya Jalan Gajah Mada No. 134 Bogoran, Selasa (24/5/2022).

Biasanya, saya memulai berkarya waktu senggang atau kalau memang ada pesanan permintaan membuat karakter action figure tertentu, meskipun pertama memang sangat sulit proses membuatnya harus rileks dan teliti.

“Karakter action figure yang dibuat kebanyakan samurai, pertama terus saya buat superhero sekarang malahan tambah ramai yang pesan seperti karakter yang ada di marvel. Sudah ada 15 karakter action figure yang sudah dibuat dari awal hingga saat ini,” jelasnya.

Belajar membuat action figure menggunakan besek bekas benar-benar otodidak, pada waktu itu langsung ada kepikiran aja membuat action figure. Kalau dicari dimana pun belum ada yang membuat di seluruh dunia ini dengan bahan besek bekas.

“Kesulitan yang sering dialami ketika membuat action figure waktu membuat anatomi tubuh dari wajah sampai badan harus sesuai dengan karakter yang akan kita buat. Untuk membuat satu karakter biasanya membutuhkan waktu 4 hingga 7 hari tergantung kerumitan karakter dan satu besek bekas bisa dibuat menjadi 2 karakter,” ungkapnya.

Harga untuk satu karakter action figure dijual mulai mulai dari Rp500.000,00 sampai Rp1.000.000,00 sesuai ukuran dan kesulitan karakter.

Pemasarannya saya lewat online melalui media sosial Instagram Zilbescraft. Kebanyakan yang memesan dari luar kota diantaranya Madiun, Bali dan Jakarta kalau luar negeri sudah sampai Singapura.

“Semoga kedepan bisa mengikutkan karya action figure di pameran, karena cita-cita saya ingin mengenalkan hasil karya dari besek bekas ini ke semua orang dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” ujar dia

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *