Rabu Besok Presiden Jokowi Lantik 6 Menteri Baru, Diantaranya Risma dan Sandiaga Uno

Presiden Jokowi saat mengumumkan nama-nama calon menteri barunya di Istana Presiden, Selasa (22/23/2020). (Foto : tangkapan layar)

Jakarta (wartajateng.id) – Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju di Istana Presiden, Selasa (22/12/2020). Selanjutnya akan dilantik besok, Rabu (23/12/2020).

Dalam konferensi persnya, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan telah menetapkan penggantian menteri di sejumlah posisi. Total ada 6 pos menteri yang dirombak oleh Presiden Jokowi.

“Bapak-Ibu, Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi mengawali konferensi pers.

BACA JUGA  Lihat Tuna Wisma Patah Tulang, Ganjar : Hitungan Jam Tertangani

Enam posisi menteri yang ditunjuk Presiden pada sore ini adalah Kementerian Sosial, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Menteri Perdagangan.

Posisi Menteri Sosial (Mensos) diisi oleh Tri Rismaharini yang saat ini menjabat Wali Kota Surabaya. Risma, panggilan akrabnya menggantikan Mensos sebelumnya, Juliari Batubara.

Selanjutnya, Sandiaga Salahudin Uno mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandi menggantikan Wisnutama Kusubandio yang menjabat sebelumnya.

Kementerian Kesehatan diisi oleh Budi Gunawan Sadikin mengganti dr Terawan. Budi sebelumnya menjabat Wakil Menteri BUMN.

BACA JUGA  LBH Catat Pelanggaran HAM di 24 Daerah Selama 2020

Selanjutnya, Presiden Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Quoumas sebagai Menteri Agama (Menag) mengganti Fachrul Razi.

Sedangkan, Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono diangkat Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan mengganti Edhy Prabowo.

Terakhir, M. Lutfi, yang saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, kembali ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan. (Majid-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: