Deretan Makanan Untuk Hidup Sehat

Ilustrasi menu makanan sehat. (Foto: ist)

Semarang (wartajateng.id) – Selain menjadi sumber energi, mengkonsumsi makanan yang sehat tentu dapat menurunkan resiko terkena penyakit serius, mulai dari diabetes, obesitas, jantung, hingga penyakit kanker.

Faktanya, hingga 80 persen penyakit jantung dan stroke dapat dicegah melalui kebiasaan hidup yang sehat, seperti makan makanan sehat dan aktif secara fisik.

Lantas apa saja menu makanan sehat agar tubuh tetap bugar? Mari simak penjelasan tips pola diet sehat yang telah wartajateng.id rangkum dari Heartandstroke:

  1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Sayuran dan buah mengandung nutrisi berupa antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang dapat membantu menjaga kestabilan berat badan serta rasa kenyang lebih lama. Menjadikan konsumsi buah dan sayur menjadi hal yang wajib dan sangat penting untuk dibiasakan setiap harinya.

  1. Memilih Karbohidrat Kompleks
BACA JUGA  Ribuan Nakes Karanganyar Terima Vaksin Susulan Pekan Depan

Karbohidrat kompleks yakni jenis karbohidrat yang diketahui lebih sehat dan bergizi, sehingga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Karbohidrat ini dapat ditemukan diberbagai makanan, antara lain roti gandum, oatmeal, hingga sereal. Dengan kandungan serat, protein, dan vitamin B menjadikan makanan tersebut mampu membantu tetap sehat dan kenyang lebih lama.

  1. Makan Makanan Berprotein

Selain produk susu yang menjadi sumber protein yang bagus, ada juga makanan berprotein untuk hidangan makan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, ikan, telur, dan yogurt. Protein membantu membangun dan memelihara tulang, otot, dan kulit.

  1. Batasi Makanan Cepat Saji
BACA JUGA  Perpaduan Pedas dan Gurih, Nikmatya Sambel Belut Pak Loyo

Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kalori yang berujung pada obesitas. Karena makanan cepat saji diolah dengan banyak bahan tambahan. Selama pemrosesan, seringkali nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat dihilangkan, sementara garam dan gula ditambahkan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga bagus untuk menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta mengurangi kadar stres. Meski terkesan sepele, manfaat minum air putih tentunya tak bisa begitu saja di abaikan. Oleh karenanya, pastikan minum air putih yang cukup paling tidak dua liter setiap harinya.

BACA JUGA  Tolak Omnibus Law, Massa Bakar Truk Petugas Satpol PP

Nah, itulah lima rangkuman asupan sehat dan murah yang bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat!. (Nizar-05).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: