Dindikbud Demak Ajak Satuan Pendidikan Mutahirkan Data Melalui Dapodik

Aplikasi Dapodik versi 2021.c. (Foto: dok)

Demak (wartajateng.id) – Mutahirkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak ajak seluruh satuan pendidikan Se-Kabupaten Demak untuk melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.c.

Adapun satuan pendidikan tersebut meliputi pendidikan jenjang PAUD(TK, KB, TPA, SPS), Bidang Pendidikan Dasar (SD,SMP), dan Pendidikan Masyarakat (PKBM, SKB dan LKP).

Kepala Dindikbud Kabupaten Demak Eko Pringgo Laksito melalui Kepala Sub Bagian Program Dwi Isnaini Saparyati menuturkan, pendataan Dapodik sendiri merupakan sistem pengumpulan dan pengelolaan data pokok pendidikan yang terintegritas untuk seluruh jenjang dan seluruh entitas data pokok pendidikan.

BACA JUGA  Pilkada Boyolali Akan Usung Calon Tunggal

“Jadi peran pihak sekolah yaitu melakukan penginputan data secara langsung melalui aplikasi dapodik untuk dikirimkan secara real-time ke Kemendikbud. Data yang terdapat di Dapodik yaitu terkait Profil Satuan Pendidikan, Siswa, Sarpras, pendiddik dan tenaga pendidikan,” ujarnya, Rabu (20/01/21).

Lebih lanjut, aplikasi Dapodik menurutnya merupakan wujud menjawab perkembangan zaman dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mengelola sumber daya data (Data Resourcing). Dimana sistem datanya pun juga telah dipayungi Permendikbud nomor 79 Tahun 2015.

“Kami pihak Dinas Pendidikan Kabupaten memiliki peran sebagai manajerial data daerah, melakukan bintek/sosialisasi, mengatur akun dan arus data dari sekolah, layanan Tanya jawab, dan membatu sekolah terkait teknis utuk jenjang SD dan SMP.” jelasnya.

BACA JUGA  Gandeng 21 Speaker Luar Negeri, FITK UIN Walisongo Gelar VIC

Sementara sebelum ada Dapodik pihaknya juga telah melakukan pendataan melalui aplikasi dari Kemendikbud. Akan tetapi dengan hadirnya Dapodik ini penggunaannya semakin lebih mudah. (Nizar-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: