Dindikbud Demak Imbau Pemutakhiran Aplikasi

Logo data pokok pendidikan (Dapodik) versi 2021.c (Foto: Ist)

Demak (wartajateng.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak mengimbau seluruh satuan pendidikan untuk melakukan pemutakhiran aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik) versi 2021.c.

Yakni jenjang pendidikan PAUD, SD-SMP dan Pendidikan Masyarakat yang terdiri dari Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) se-Kabupaten Demak.

Dikatakan, pendataan Dapodik merupakan sistem pengumpulan dan pengelolaan data pokok pendidikan yang terintegritas untuk seluruh jenjang dan seluruh entitas data pokok pendidikan.

“Jadi peran pihak sekolah yaitu melakukan penginputan data secara langsung melalui aplikasi Dapodik untuk dikirimkan secara real-time ke Kemendikbud. Data yang terdapat di Dapodik yaitu terkait profil satuan pendidikan, siswa, sarpras, pendidik dan tenaga pendidikan,” jelas Kepala Sub Bagian Program Disdikbud Demak Dwi Isnaini Saparyati, Rabu (20/01/2021).

BACA JUGA  Catat, PPDB Kota Semarang Dibuka 14 Juni

Dwi menambahkan, aplikasi Dapodik merupakan wujud untuk menjawab perkembangan zaman dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mengelola sumber daya data (Data Resourcing).

“Kami pihak dinas pendidikan kabupaten memiliki peran sebagai manajerial data daerah, melakukan bintek/sosialisasi, mengatur akun dan arus data dari sekolah, layanan tanya jawab, dan membatu sekolah terkait teknis untuk jenjang SD dan SMP,” jelasnya. (Zaidi-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: