Dinsos Gelar Kearifan Lokal Pagelaran Seni Islami di Desa Tuwang

Kegiatan Kearifan Lokal warga Desa Tuwang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. (Foto : Majid)

Demak (wartajateng.id) – Warga Desa Tuwang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak menggelar kegiatan Kearifan Lokal (Riflok) berupa Pagelaran Seni Islami untuk mencegah konflik sosial dan penyebaran paham radikalisme.

Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari program Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial dalam mencegah konflik sosial.

Diharapkan, dengan adanya progam Kearifan Lokal ini masyarakat bisa hidup rukun, aman, tentram, dan menerapkan prinsip gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Demak, Haryono mengungkapkan, acara Riflok yang digelar oleh masyarakat setempat tersebut merupakan bagian upaya untuk kembali merekatkan budaya gotong royong di tengah masyarakat.

“Ini bagian upaya untuk meningkatkan dan memantapkan kembali nilai gotong royong pada masyarakat,” ucapnya saat menghadiri kegiatan, Rabu (28/10/2020).

Sambutan salah satu penyelenggara kegiatan dalam acara Riflok yang di gelar Dinas Sosial Demak. (Foto : Majid)

Kegiatan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Sosisl (Kemensos) RI untuk menumbuhkan nilai-nilai positif yang selama ini melekat pada masyarakat desa.

Sementara itu, Staf seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinas Sosial Jawa Tengah, Nur Dwiani Octavia mengatakan, bantuan Kearifan Lokal tersebut berdasarkan persetujuan dari Kemensos. 

“Prosedurnya adalah pengajuan proposal yang dilakukan Desa, kemudian diajukan ke Dinsos Kabupaten/Kota. Dari Kabupaten diserahkan ke Provinsi, setelah itu diseleksi dan di rekomendasikan ke Kementerian Sosial,” terangnya. 

Lanjutnya, inti dari kegiatan tersebut yaitu mereposisi dan revitalisasi kearifan lokal sebagai instrumen pencegahan konflik sosial. Serta, meningkatkan peran kearifan lokal dalam pencegahan konflik sosial dan memelihara perdamaian secara berkelanjutan di lingkungan masyarakat. (Adv/Majid-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: