Disdikbud Karanganyar Wacanakan Ujian Tatap Muka

Kadisdikbud Karanganyar, Tarsa. ( Foto : dok).

Karanganyar (wartajateng.id) – Pelaksanaan ujian sekolah (US) kelas VI SD rencananya akan dilaksanakan secara luring (luar jaringan, red) di sekolah.

Saat ini rencana US melalui tatap muka tersebut masih terus dimatangkan.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar Tarsa kepada sejumlah wartawan Sabtu (06/03/2021).

Menurut Tarsa, keputusan untuk melaksanakan US baik secara luring atau daring, sepenuhnya kewenangan Bupati. Meski demikian, Tarsa menuturkan, pihaknya tetap berencana akan menyelenggarakan  US SD secara tatap muka di sekolah.

BACA JUGA  TP PKK Grobogan Bagikan 7.000 Masker

“Pelaksanaan US tingkat sekolah dasar secara luring. Tapi masih menunggu keputusan Bupati. Kita juga mulai melakukan pembahasan dengan Komisi D DPRD Karanganyar. Pelaksanaan US tingkat sekolah dasar ini akan kita laksanakan pada bulan Mei 2021 mendatang,” terang Tarsa.

Dikatakan Tarsa, berbagai persiapan untuk melaksanakan US secara luring ini mulai dipersiapkan. Mulai dari kesiapan sarana prasarana, sumber daya manusia serta  kapasitas sekolah.

Selain itu Disdikbud berencana melaksanakan US secara luring dengan pertimbangan  jumlah siswa kelas enam relatif tidak banyak.

BACA JUGA  Update Corona Jateng : 602 Orang Meninggal

“Kami menilai  SD lebih memungkinkan untuk  melaksanakan US secara luring daripada  daring. Siswa SD juga belum pernah melakukan latihan mengerjakan soal secara daring. Sedangkan untuk tngkat sekolah menengah pertama, saat  ini daring sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara tu, anggota Komisi D DPRD Karanganyar Endang Muryani menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan SD di Kabupaten Karanganyar menyatakan kesiapan melaksanakan US tatap muka.

“Prinsipnya mereka (SD, red) telah menyatakan kesiapannya melaksanakan US secara luring atau tatap muka. Berbagai fasilitas juga telah dipersiapkan dengan baik. Tinggal pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan saja yang perlu diperhatikan dengan baik,” pungkasnya. (Iwan-05).

BACA JUGA  Antar Pesanan Ketika Banjir, Gojek Apresiasi Driver

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: