28/11/2022

Wartajateng.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen menyalurkan bantuan 39 unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa cultivator kepada petani yang tergabung dalam gapoktan maupun kelompok tani di Kabupaten Sragen. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, kepada perwakilan penerima bantuan, di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen, Rabu (29/12/2021).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Eka Rini Mumpuni Titi Lestari mengatakan, bantuan kepada gapoktan itu merupakan pengusulan melalui aspirasi sumber dana APBD I Provinsi Jawa Tengah. Bantuan diberikan untuk menunjang peningkatan produksi hasil pertanian, melalui teknologi mekanisasi pertanian.

“Penyerahan alsintan saat ini berupa cultivator sejumlah 39 unit diharapkan segera dioperasionalkan, sehingga bantuan tepat guna tepat sasara,” ujarnya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap bantuan cultivator itu dapat dioptimalkan dan dirawat dengan baik, sehingga membawa manfaat untuk semua anggotanya.

“Semoga bantuan cultivator inidapat bermanfaat bagi petani di Sragen, dan dapat dikelola dengan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Sragen, produksi padi pada 2021 sebesar 668.020 GKP (Gabah Kering Panen) atau setara 367.912 ton beras. Kurang lebih 85.000 ton dikonsumsi oleh masyarakat Sragen, selebihnya 282.000 ton terdistribusikan keluar Kabupaten Sragen.

Kemudian dari luas Kabupaten Sragen sekitar 94.155 hektare, luas lahan pertanian yang dipertahankan kurang lebih 42.390 hektare dengan jumlah petani 141.841 orang.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *