Hargai Karya Musisi, Tekankan Beli Kaset Original

Pemilik toko Come Store Demajors Semarang Brury Prasetyo, Sabtu (22/8/2020). (Majid)

Semarang (wartajateng.id) – Semakin pesatnya dunia digital saat ini berpengaruh pada industri musik tanah air. Pasalnya, orang lebih menikmati karya musik melalui platform digital ketimbang harus memiliki rilis fisik seperti kaset original maupun marchandise yang lain.

Padahal, untuk mendukung dan menghargai karya musisi agar tetap eksis diperlukan kontribusi nyata dengan membeli produk yang mereka jual.

Hal itu disampaikan oleh pemilik toko kaset Come Store Demajors Semarang, Brury Prasetyo mengatakan bahwa konversi industri musik ke platform digital hanya memberi kontribusi sedikit bagi musisi.

“Karena untuk platform digital itu royaltinya sangat sedikit sekali yang bisa di dapatkan oleh sang pembuat karya. Karena untuk membuat karya itu butuh ongkos produksi yang tidak sedikit. Kalo ide ada, tapi kalo hasilnya njeblokk ya mau gimana,” imbuhnya saat ditemui, Sabtu (22/8/2020).

Brury menyampaikan, untuk melihat kondisi perkembangan dunia digital pihaknya ingin mengedukasi bahwa penghargaan atas karya perlu ditanamkan kepada masyarakat.

“Kita harus bijak lah, dalam artian untuk memberi edukasi kepada masyarakat, jika kita kita suka sama band, ya wujud support nya adalah membeli produknya. Lebih kepada mendukung hak kekayaan intelektual,” imbuhnya.

Ia mencontohkan, bagi platform digital yang dijual biasanya seperti trigger, hanya singelnya saja. Atau semua album tapi harus bayar jadi membeli album digital.

“Tapi, setelah dua minggu, rilis fisiknya berupa kaset keluar, dan orang masih membeli, berarti kan yang kita fikir untuk mengedukasi masyarakat seperi itu. Mungkin orang berpikir hanya suka musiknya kemudian beli yang digital, tapi kan orang itu tidak tau proses yang lebih mendalam dalam bentuk rilis fisik. Ada foto, ada karya kreasi yang lain,” imbuhnya.

Ia menambahkan, tetap optimis bahwa karya bentuk fisik sperti VCD akan tetap eksis karena pada dasarnya orang butuh koleksi dari band yang ia idolakan. (Majid-02)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: