28/11/2022

Setelah menyambangi SMA Negeri 3 Semarang, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melanjutkan program kunjungan Walikota Goes To School di SMA Negeri 1 Semarang beberapa waktu lalu.

Berbeda dari kegiatan sebelumnya yang dikemas dalam kegiatan olah raga bersama, pada kesempatan ini sebagai alumni SMA Negeri 1 Semarang, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu didapuk sebagai pembina upacara untuk memberikan motivasi pada murid.

Hendi menyampaikan dua hal penting yang perlu dilakukan siswa sebagai penerus generasi bangsa. Dua kata kunci tersebut adalah investasi pengetahuan dan investasi jaringan.

“Saya sampaikan yaitu jangan lupa lakukan investasi dengan baik dan benar, investasi ini tidak perlu uang yaitu dengan kesungguhan seperti investasi untuk menambah ilmu yang dimiliki. Adapun itu, harus menghormati guru untuk mendapat ilmu yang lebih banyak untuk masa depan adik-adik sekalian,” ujar Hendi.

“Investasi kedua adalah investasi jaringan. Ada anak muda yang dahulu dibully oleh teman-temannya suatu ketika bisa jadi Dirjen, Gubernur, Menteri sedangkan orang yang membully harus menjadi staff atau bawahan dari anak yang dahulu dibully,” imbuhnya.

Dengan hal tersebut, Hendi berpesan kepada para siswa agar menjaga jaringan dengan baik. “Kita tidak tahu nasib ke depan, jadi jangan pernah meremehkan teman-teman dan jangan rendahkan teman-teman hanya dari status sosial,” tutur Hendi.

Dirinya juga menerangkan mengenai empat kelompok anak muda yang saat ini ada di Indonesia khususnya Kota Semarang. Di antaranya kelompok anak muda yang pintar tapi tidak peduli, tidak pintar tapi peduli, kelompok pemuda yang tidak peduli dan tidak pintar serta yang terakhir kelompok anak muda yang pintar dan peduli.

Hendi pun berharap anak-anak dari SMA Negeri 1 Semarang menjadi kelompok anak muda yang selain pintar juga peduli untuk membangun Kota Semarang dan Indonesia. Hendi menuturkan cara agar menjadi peduli yaitu dengan melihat siapa yang memerlukan bantuan dan bisa membantunya sebisa mungkin.

“Asah selalu kepedulian itu, karena semakin anda peduli terhadap sesama maka Insya Allah ilmu yang anda peroleh, jaringan yang anda bina, kepedulian terhadap sesama akan membuat anda sukses di masa depan. Serta jangan lupa tujuan utamanya yaitu menuntut ilmu,” pungkas Hendi.

Adapun kegiatan Walikota Goes to School sendiri merupakan program kerja sama antara Forum Wartawan Balaikota dengan Pemerintah Kota Semarang. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dengan mengunjungi SMA/SMK Negeri maupun swasta di Kota Semarang.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *