28/11/2022

Wartajateng.id – Pembentukan Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia agar manfaat Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dapat dirasakan langsung oleh masyarakat terutama di wilayah pedesaan di seluruh Indonesia.

Di Kampung KB inilah nantinya dijalankan berbagai program kegiatan pemberdayaan melalui fasilitas dari Kepala Desa, Institusi Masyarakat Pedesaan dan lintas sektor lainnya.

“Keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat sangat diharapkan agar kegiatan prioritas pembangunan dapat terimplementasi dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso saat membacakan sambutan Bupati Magelang dan mencanangkan Kampung KB di Dusun Tledok, Desa Sidorejo, Kecamatan Kajoran, Kamis (13/1).

Kampung KB bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas hidup sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang lebih baik di masa mendatang.

“Kampung KB ini juga merupakan perwujudan sinergitas lintas OPD, juga merupakan tugas dan tanggung jawab Pemkab Magelang bersama Pemdes serta partisipasi masyarakat,” lanjutnya.

Masalah gizi stunting, dijelaskan Iwan, merupakan dampak dari berbagai aspek kesehatan dan non kesehatan yang berjalan tidak sesuai dengan yang semestinya, sehingga stunting memberikan dampak masa depan yang cukup vital bagi seorang anak.

Plt Kepala Dinsos PPKB PPPA, Bela Pinarsi menjelaskan Pencanangan Kampung KB tersebut salah satu tujuanya untuk mengurangi jumlah balita stunting di Desa Sidorejo Kecamatan Kajoran.

“Alhamdulillah seluruh sektor mendukung kegiatan Pencanangan ini termasuk Bunda Genre Kabupaten Magelang, yang telah turut mensupport kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan mudah-mudahan sesuai dengan apa yang diharapkan,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten sekaligus Bunda Genre Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin memberikan apresiasi kepada Dinsos PPKB PPPA Kabupaten Magelang dan seluruh pihak terkait yang telah mendukung terselenggaranya pencanangan Kampung KB di Desa Sidorejo Kecamatan Kajoran.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab kami sebagai Bunda Genre untuk memberikan edukasi stunting dari hulu kepada calon orang tua Generasi Berencana, sehingga anak muda ini dipersiapkan sebaik mungkin dan diedukasi sebaik mungkin,” kata Christanti.

Sehingga Christanti mengharapkan generasi muda ketika menjadi orang tua dapat memiliki wawasan yang baik dan berkualitas.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *