Kasus Covid-19 Secara Global Alami Penurunan

Salah seorang wanita ikuti vaksinasi untuk meghindari terpaparnya Covid-19. (Foto : ist).

Semarang (wartajateng.id) – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO melaporkan, terjadi penurunan infeksi baru pada kasus Covid-19 di seluruh dunia sebesar 16% dibandingkan minggu sebelumnya, jumlah kematian pun juga menurun 10%.

“Telah terjadi penurunan penyakit yang signifikan dan secara global dari minggu ke minggu selama empat atau lima minggu terakhir. Kami belum pernah melihat level serendah ini sejak Oktober lalu,” kata Executive Director Health Emergencies Programme WHO Mike Ryan dikutip Global News, Selasa (02/03/2021).

Ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi penurunan kasus Covid-19 tersebut menurut para ahli, yakni diantaranya kepatuhan terhadap pedoman kesehatan masyarakat, lockdown yang ketat, hingga vaksinasi yang sangat efektif berperan dalam hal ini.

BACA JUGA  Mantan Bupati Karanganyar Bebas Bersyarat

Lebih lanjut menurut WHO, kekebalan kelompok adalah ketika suatu populasi dapat dilindungi dari penyakit menular tertentu, seperti Covid-19 baik melalui vaksin atau kekebalan yang berkembang melalui infeksi sebelumnya.

“Kekebalan kelompok terhadap Covid-19  harus dicapai dengan melindungi orang melalui vaksinasi, bukan dengan memaparkan mereka pada patogen penyebab penyakit,” katanya.

Sementara AS yang diketahui menjadi negara dengan jumlah kasus penyebaran Covid-19 tertinggi di dunia, kasus baru mingguan telah turun dari 1,7 juta saat terjadi puncaknya secara nasional pada awal Januari, menjadi kurang dari 600.000 minggu ini.

BACA JUGA  Perketat PKM, Dishub Tutup 9 Ruas Jalan di Semarang

Salah seorang profesor di Johns Hopkins School of Medicine Dr. Martin Makary pun berpendapat bahwa AS akan mencapai herd immunity atau kekebalan kawanan pada bulan April 2021. (Nizar-05).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: