KKN UIN Walisongo Bantu Kegiatan Posyandu di Tegal

Salah satu mahasiswa KKN UIN Walisongo saat membantu kegiatan Posyandu (Foto: dok/KKN)

Tegal (wartajateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler dari rumah UIN Walisongo Semarang membantu pengadaan posyandu balita di Desa Grobog Wetan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Posyandu diadakan setiap satu bulan sekali yang meliputi penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan serta pengukuran lingkar kepala.

Dalam kegiatan posyandu biasanya dilakukan imunisasi, namun tidak untuk saat ini karena pandemi Covid-19.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan masih dalam masa pandemi, sehingga imunisasi pada anak untuk saat ini ditiadakan. Sedang untuk pemberian imunisasi dilakukan di rumah Bidan,” terang Bidan Desa, Diana Bekti.

Untuk kegiatan posyandu kali ini, lanjut Diana, dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti setiap ibu yang datang diwajibkan memakai masker dan petugas dari posyandu ini juga memakai Alat Pelindung Diri (APD).

Pada kesempatan itu, Mahasiswa KKN UIN Walisongo turut membantu kegiatan posyandu sesuai arahan bidan yang bertugas, sehingga kegiatan posyandu berjalan dengan lancar.

“Kegiatan posyandu ini juga ditambah dengan edukasi tentang keluarga berencana dan edukasi mengenai tentang pengenalan organ-organ reproduksi pada anak,” ujar peserta KKN Izhati Khoirina. (Penulis Tim KKN-Zaidi-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: