KKN UIN Walisongo Bersama Warga Buat Taman TOGA

Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Kelurahan Candi Kota Semarang, Rabu (21/10/2020). (Foto : ist)

Semarang (wartajateng.id) – Mahasiswa KKN UIN Walisongo melakukan kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) bersama perwakilan Ibu-ibu PKK Warga RT 01-09 Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat terutama ibu-ibu kelurahan candi dapat memahami beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh, dengan harga yang murah dan minim efek samping.

Dalam Kegiatan tersebut, Kelompok 69 KKN UIN Walisongo menggandeng masyarakat untuk langsung ikut berpartisipasi. Di antarannya Ketua RW, Ketua RT dan perwakilan dari Ibu-Ibu PKK se kelurahan Candi Kota Semarang.

Harapanya, kedepan pihak kelurahan bisa menyosialisasikan kepada masyarakatnya agar dapat menanam tanaman obat keluarga di setiap rumahnya masing-masing karena sangat besar manfaatnya.

Ketua RW 04, Kelurahan Candi Kota Semarang, Agus Priyanto sangat mendukung dan senang dengan kegiatan tersebut. Ia mengucapkan selamat datang kepada adek-adek KKN 75 Kelompok 69 UIN Walisongo dan sangat mengapresiasi atas diadakannya kegiatan penanaman Toga di wilayah RW 04.

“Hal ini sangat baik karena banyak manfaatnya bagi masyarakat. Kedepannya taman toga ini juga akan dilombakan tingkat kelurahan. Terima. kasih kepada adik-adik KKN yang telah mengadakan kegiatan ini” Rabu (21/10/2020).

Sementara itu, sekretaris PKK RW 4 Kelurahan Candi Kota Semarang, Retno menyampaikan semoga mahasiswa KKN tidak hanya menanam toga saja, tetapi juga dapat monitoring dan membimbing masyarakat tentang manfaat dari tanaman-tanman toga tersebut.

“Kalau bisa sekaligus membantu masyarakat dalam mempercantik taman Toganya, dan lingkungan sekitar agar bisa membanggakan ketika akan dinilai oleh kelurahan beberapa waktu yang akann datang,” imbuhnya.

Salah satu peserta KKN UIN Walisongo, Sofi menyampaikan bahwa akan ada beberapa jenis Toga yang akan ditanam di taman PKK RW 04 kelurahan Candi Kota Semarang. Ada 9 macam jenis tanaman, yaitu kumis kucing, sereh, binahong, lidah buaya, sirih merah, kunyit putih, Kunyit Kuning, jahe Merah, Jahe Putih, tapak doro, daun kelor, Sirih Hijau, Temulawak  dan sambiroto. (Majid-02)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: