Kominfo Demak Bentuk Sistem Satu Data untuk Perumusan Kebijakan Daerah

Kabid Komunikasi dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Demak Agus Pramono,l. (Foto : Majid)

Demak (wartajateng.id) – Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Demak bentuk sistem satu data untuk mempermudah proses pengambilan keputusan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak.

Sistem satu data sendiri berangkat dari Peraturan Presiden (Perpres) No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI). Progam tersebut merupakan gagasan Presiden Joko Widodo untuk meminimalisir terjadinya simpang siur data.

Kabupaten Demak dalam mengelola sistem Satu Data tersebut diampu oleh Dinkominfo bersama Bappeda Litbang berbentuk Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Atas dasar Perpres tersebut, Kabupaten Demak langsung cepat tanggap membuat Peraturan Bupati No. 12 tahun 2020 untuk membuat satu data se Kabupaten Demak.

Kabid Komunikasi dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Demak Agus Pramono menyampaikan, Dinas Kominfo membuat wadah informasi tentang data yang bisa diakses melalui satudata.demakkab.go.id.

“Di dalamnya ada banyak informasi, salah satunya open data yang merupakan sumber dari semua data yang kita analisis,” ucapnya saat ditemui di Kantornya, Kamis (22/10/2020).

Data tersebut bersumber seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Demak yang di olah oleh admin masing-masing.

“Kominfo sebagai wali data bertugas mengumpulkan data dan informasi dari semua OPD dan seluruh instansi. Tujuannya sebagai acuan tunggal oleh pelbagai pihak terutama pimpinan daerah dalam merumuskan kebijakan daerah,” tambahnya.

Ia menerangkan, dengan sistem satu data tersebut menjadi embrio sistem informasi pemerintah daerah.

“Fokusnya ke seluruh OPD. Misalnya, manakala pemerintah membutuhkan data kemiskinan, maka mengacu pada Dinsos. Tapi tidak menutup kemungkinan lintas OPD yang digunakan untuk analisa permasalahan lebih kompleks,” tutupnya. (Adv/Majid)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: