LP2M UIN Walisongo Resmikan Program Unggulan KKN ‘Smart Irigasi’ di Pati

Kepala LP2M UIN Walisongo Akhmad Arif Junaidi saat memberikan kenang-kenangan Kepala Desa Ngemplak Kidul Kunowo saat meresmikan Smart Irigasi di Pati, Sabtu (14/11/2020). (Foto: dok)

Pati (wartajateng.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang resmikan Smart Irigasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kusuma Abadi Desa Ngemplak Kidul, Margoyoso, Kabupaten Pati, Sabtu (14/11/2020).

Peresmian dihadiri oleh Ketua LP2M UIN Walisongo beserta staffnya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 11, Kepala Desa Ngemplak Kidul beserta jajarannya serta Pengurus BUMDes Kusuma Abadi dan tamu undangan.

“Peresmian ini merupakan tahap akhir dari program unggulan pengembangan Smart Irigasi di BUMDes Kusuma Abadi Ngemplak Kidul. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini,” kata Gufron, Koordinator KKN Kelompok 11.

LP2M UIN Walisongo beserta jajarannya dan Pemerintah Desa Ngemplak Kidul foto bersama usai meresmikan Smart Irigasi di Pati. (Foto: dok)

Gufron mengaku bersyukur, lantaran program unggulan pengembangan Smart Irigasi mendapat apresiasi dari berbagai pihak, khusunya dari pihak Desa Ngemplak Kidul dan UIN Walisongo.

Kepala LP2M UIN Walisongo Akhmad Arif Junaidi mengaku, tersanjung dengan apa yang telah dilakukan mahasiswanya.

“Ketika saya ke Belanda tahun 2017 dan melihat teknologi Smart Irigasi seperti ini, saya pikir di Indonesia baru akan dapat menerapkannya 10 tahun ke depan, yaitu sekitar tahun 2027,” ujarnya.

Namun, lanjut Arif, karena ketanggapan pemuda Indonesia di bidang teknologi pada tahun 2020 ini, Indonesia sudah mampu menerapkan sistem Smart Irigasi, meskipun masih dalam skala kecil.

Sementara itu, Kepala Desa Ngemplak Kidul Kunowo dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi dan kebanggaannya kepada tim KKN kelompok 11 dan LP2M UIN Walisongo.

“Saya juga berterima kasih kepada LP2M UIN Walisongo karena telah memilih Smart Irigasi sebagai program unggulan KKN kali ini,” ucapnya. (Penulis Tim KKN-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: