Mahasiswa KKN-DR Ajak Warga Minum Obat Pencegah Kaki Gajah Bersama

Kegiatan Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah (Belgaka) tahun ke 5, Kamis (15/10/2020). (Foto : ist)

Demak (wartajateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) reguler angkatan 75 dengan Puskesmas Mranggen adakan Bulan Eliminasi Penyakit Kaki Gajah (Belgaka).

Kegiatan tersebut dengan mengajak warga untuk minum obat pencegahan kaki gajah secara bersama-sama di wilayah Desa Kembangarum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Kamis (15/10/2020).

Belgaka yakni dimana secara serentak warga yang tinggal di Kabupaten endemis penyakit kaki gajah diseluruh wilayah Indonesia untuk minum obat pencegahan penyakit kaki gajah. Pengadaan kegiatan Belgaka setahun sekali dan diadakan setiap bulan Oktober, serta minimal diadakan selama lima tahun.

Kegiatan Belgaka tersebut didampingi langsung oleh pihak Puskesmas Mranggen, Laeli Endah, serta dibantu ibu-ibu kader Posyandu Arumsari yang membagikan obatnya kepada warga.

“Kegiatan ini sudah diadakan selama 5 tahun dan ini tahun terakhir, tidak semua wilayah mengadakan kegiatan Belgaka, namun hanya warga yang tinggal di wilayah endemis saja yang diadakan.” ungkap Laeli Endah selaku pendamping dari Puskesmas Mranggen.

Sementara Obat yang diberikan pada Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) ada 2 macam, yang terdiri dari Diethylcarbamazine (DEC) dan Albendazole.

Anjuran saat meminum obat pencegahan kaki gajah tersebut yakni untuk usia 2-5 tahun 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, usia 6-14 tahun 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole, dan bagi yang berusia 15-70 tahun 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.

Lebih lanjut, Laeli menambahkan bahwa efek samping yang dirasakan oleh warga setelah meminumnya cukup beragam, seperti mual, muntah, pusing, demam, mengantuk, nyeri otot, diare, keluar cacing, dan gatal gatal.

“Harapannya semua warga yang sehat bisa minum obat kaki gajah karena tidak semua orang bisa minum obat kaki gajah, kalau seperti darah tinggi yang tidak terkontrol, jantung, asma itu tidak boleh.” pungkasnya.(Shinta-Nizar)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: