Mahasiswa UIN Semarang Gelar Kesehatan Mental dan Spiritual Bagi ODGJ

Kegiatan kesehatan mental dan spiritual yang dilakukan mahasiswa KKN-DR UIN Walisongo Semarang. (Foto : dok/KKN)

Demak (wartajateng.id) – Mahasiswa Kelompok 30 Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo bekerjasama dengan Pusat Rehabilitasi Sakit Jiwa dan Narkoba (PRS) Maunatul Mubarok, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak gelar rangkaian kesehatan mental dan spritiual bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kegiatan sosial tersebut berjalan dengan lancar dari pagi hingga sore hari dengan kegiatan meliputi, cek kesehatan, terapi pijat syaraf, dan senam ceria serta permainan.

Memadukan pengobatan secara biologis dan spiritual, PRS telah berdiri secara resmi sejak tahun 2005 dengan pasien dari seluruh Indonesia. Hal inilah yang membuat Kelompok 30 KKN-DR UIN Walisongo tertarik untuk mengadakan kegiatan bersama.

“Mencari suasana berbeda. Biasanya kita berkegiatan dengan orang yang jiwanya normal. Namun kali ini mencoba berhadapan langsung dengan orang yang mempunyai gangguan jiwa. Supaya kita tau sebenarnya yang menyebabkan mereka seperti itu apa. Dan kita bisa lebih menghargai orang yg memiliki gangguan tersebut,” kata Wiji selaku penanggung jawab kegiatan kepada wartajateng.id, melalui rilisnya, Jumat (23/10/2020).

Sementara itu, salah satu pengurus PRS Maunatul Mubarok, Ahmad Faizun, mengatakan kurang lebih ada 100 ODGJ yang melakukan rehabilitasi di PRS. Namun untuk kegiatan bersama Kelompok 30 KKN-DR UIN Walisongo ini hanya 50 ODGJ saja yang mengikuti.

“Hari ini kurang lebih 50 ODGJ ikut kegiatan bersama KKN, karena memang tidak semua ODGJ dalam keadaan stabil,” ungkapnya.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Faizun karena menjadi salah satu bentuk perhatian kepada ODGJ.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah mau berkegiatan bersama disini. Ikut merasakan bagaimana rasanya menyatu bersama ODGJ”, tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap Dinas terkait maupun masyarakat luas bisa memberi perhatian lebih kepada ODGJ karena mereka juga sama seperti kita pada umumnya.

“Tentunya kami sangat berharap Dinas-dinas terkait maupun masyarakat luas bisa ikut membantu kegiatan di PRS ini. Tidak hanya secara materi namun juga bisa dalam program-program yang dilaksanakan di sini”, pungkasnya. (Penulis Tim KKN-Nizar-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: