28/11/2022

Wartajateng.id –  Berupaya mencari solusi dalam permasalahan angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten Kendal bergerak cepat dengan berkunjung ke PT. Eclat Textile International yang berada di Kawasan Industri Kendal, Selasa (4/1/2022).

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menyampaikan bahwa kunjungannya ke PT. Eclat adalah menindaklanjuti adanya keperluan karyawan yang masih dibutuhkan oleh perusahaan, sekaligus melakukan perumusan dalam mencari sistem peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kunjungan hari ini Terkait keperluan karyawan yang ada di PT ECLAT, kita juga mencoba untuk merumuskan sistem dalam rangka meningkatkan SDM di Kabupaten Kendal, tentunya kita upayakan untuk memperioritaskan masyarakat Kendal,” jelas Dico M. Ganinduto.

Adapun dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Pemerintah Berencana melakukan kerja sama dengan Kementerian Industri dan pihak ketiga guna melakukan pelatihan dalam peningkatan SDM.

Sementara General Plan Manager PT. Eclat Su Huang Jen mengatakan pihaknya siap berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah, khususnya dengan kebutuhan tanaga kerja. “Kami siap bekerja sama dan secara keseluruhan perusahan membutuhkan 6500 pegawai dan itu masih kita lakukan secara bertahap,” jelas Su Huang Jen.

Terkait karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan, saat ini baru mencapai 1240 karyawan yang telah aktif dan 98 persen tenaga kerja adalah asli dari warga Kabupaten Kendal. Kekurangan karyawan yang mencapai 5000 lebih akan diusahakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Disisi lain Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Cicik Sulastri mengatakan bahwa dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja pihaknya telah memaksimalkan adanya Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintah maupun Swasta.

Bupati Kendal beserta rombongan berkesempatan melakukan visit produksi, Dico M. Ganinduto yang didampingi oleh Su Huang Jen sekaligus memberikan penjabaran terkait proses kinerja dan beberapa hasil produksi yang berkualitas ekspor.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *