28/11/2022

wartajateng.id – Kabar bahagia bagi masyarakat Kabupaten Kudus, pasalnya memasuki PPKM level 1, Bupati Kudus H.M. Hartopo akan membuka kembali car free day (CFD) yang sempat vakum selama pandemi dengan percobaan simulasi terlebih dahulu hari minggu esok. Hal tersebut diutarakan ketika memimpin rapat persiapan simulasi CFD, Jumat (27/5) di Command Center Diskominfo Kudus.

“CFD jadi aspirasi berbagai pihak, banyak masukan yang saya terima dari masyarakat tentang kapan dimulainya CFD. Mengingat Kudus telah landai dan Kudus masuk PPKM level 1, maka saya beranikan diri mensimulasikan CFD minggu besok, namun tetap dalam pembatasan,” katanya.

Dikatakanya, CFD adalah suatu momentum yang memberikan banyak dampak positif bagi kemajuan daerah khususnya di Kabupaten Kudus.

“Banyak dampak positif dari CFD ini. Diantaranya bagi wisata, peningkatan umkm, interaksi sosial, hingga peningkatan PAD Kudus pasca pandemi,” ungkapnya.

Hartopo mengatakan bahwa simulasi CFD yang akan dilakukan masih dalam tahap uji coba dengan pembatasan dan akan tetap dievaluasi hasilnya.

“Besok minggu akan kita gelar simulasi CFD sekaligus pemetaan wilayah yang meliputi pengaturan PKL dan kantong parkir. Akan kami simulasikan 100 lapak PKL dulu, setelahnya akan kami evaluasi hasilnya apakah minggu depan bisa ditambah atau tidak,” jelasnya.

Hartopo juga mengatakan bahwa disetiap pintu masuk kawasan CFD nantinya akan disiapkan barcode aplikasi pedulilindungi sebagai syarat masuk kawasan CFD.

“Saya perintahkan dinas terkait untuk menyiapkan pedulilindungi yang ditaruh dipintu masuk kawasan CFD, karena simulasi CFD nanti sementara hanya terbatas sampai gang 1 saja. Oleh karena itu, penjagaan harus dilakukan agar tidak melebar tempatnya,” terangnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Sudiharti mengatakan dalam simulasi CFD nanti akan diundi dan disiapkan lapak untuk PKL di kawasan CFD. Pihaknya meminta untuk seluruh PKL dapat mentaati peraturan yang berlaku.

“Simulasi sementara, akan kami atur lapak PKL dan waktu berjualan. Caranya dengan undian nomor yang diambil mulai nomor urut 1 hingga 100. Lainya menunggu jika ada penambahan PKL minggu depan. Masalah waktu jualan juga kami atur. Jika waktunya tutup harus dibongkar, kalau ada yang membandel akan menjadi catatan kami. Diharap semua dapat ikut aturan,” ungkapnya.

Ditambahkan, Kepala Dinas Perhubungan Catur Sulistiyanto menjelaskan skema lokasi simulasi CFD yang akan dilaksanakan minggu besok.

“Lokasi pelaksanaan CFD meliputi jalan Simpang tujuh, Jl. Ahmad Yani (sampai dengan simpang 4 BNI), Jl. Dr. Ramelan, Jl. Sunan kudus (mulai simpang 4 Ba’agil ke timur), dan Jl. Pemuda. Untuk kantong parkir masih dengan skema yang lama,” jelasnya.

Catur juga menegaskan sesuai arahan Bupati Kudus, bahwa pelaksanaan CFD akan dilaksanakan setiap hari minggu dan dimulai simulasi pada tanggal 29 Mei 2022.

“Untuk kegiatanya akan dimulai dengan simulasi terlebih dahulu pada tanggal 29 mei 2022 pada pukul 05.00 – 09.00 wib. Di harap masyarakat dapat ikuti aturan yang ditetapkan demi kenyamanan bersama,” tandasnya

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *