28/11/2022

Wartajateng.id – Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) merupakan salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Tegal tepatnya di Jalan Raya Kalibakung KM 1 Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang.

WKJ merupakan program unggulan dari Pemerintah Kabupaten Tegal serta satu-satunya fasilitas pelayanan kesehatan tradisional milik pemerintah yang memadukan dunia ilmu kedokteran konvensional dengan pengobatan tradisional.

Terletak pada ketinggian 650 mdpl dan memiliki lahan seluas 3,2 Ha WKJ berdiri atas prakarsa Bupati Tegal dan perjanjian kerjasama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (P2P2TO-OT) pada Februari 2013.

Kerjasama satu ini yang dijalankan meliputi kerjasama di bidang Pelatihan SDM, Manajemen Pelayanan, Pengadaan Simplisia, dan Penerapan serta Pengembangan Hasil Penelitian Ramuan Jamu Saintifik.

WKJ merupakan perwujudan upaya lintas sektor yang menyediakan kegiatan wisata, kesehatan, dan pendidikan. Program pelayanan yang saat ini sudah berjalan meliputi pelayanan Klinik Saintifikasi Jamu berupa pengobatan rawat jalan dengan terapi jamu, tindakan umum, pelayanan laboratorium sederhana, dan pelayanan Griya Jamu.

 

Selain itu terdapat program Wisata Jamu dengan menyajikan unsur wisata dan edukasi tanaman obat bagi pengunjung dengan didampingi tenaga pemandu yang profesional.
Dengan visi menuju masyarakat sehat, mandiri, dan sejahtera dengan jamu WKJ Kalibakung juga menyediakan etalase dan lahan produksi tanaman obat.

Menyajikan pemandangan hijau yang sedap dipandang mata terdapat tanaman obat yang tertata rapi baik untuk keperluan wisata pembelajaran maupun pemenuhan kebutuhan bahan baku jamu di pelayanan klinik.

Selain itu juga terdapat kegiatan Pusat Pengolahan Pascapanen Tanaman Obat (P4TO) yang kegiatannya mulai dari penerimaan hasil panen, sortasi basah, penimbangan basah, pencucian, sampai dengan pengemasan hingga proses penyimpanan yang berlangsung di dalam gedung P4TO dan dilakukan sesuai prosedur standar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Produk yang dihasilkan WKJ Kalibakung ini di antaranya adalah minyak pijat dan sabun batang.

WKJ Kalibakung juga telah menjadi mitra kerjasama beberapa institusi pendidikan, instansi pemerintahan dan perorangan dalam upaya penyediaan lahan praktik dan SDMK yang berkompeten, fasilitator penyedia lahan penelitian ilmiah, dan sasaran kaji banding.

Pelayanan kesehatan tradisional dan komplementer di WKJ buka pada hari Senin-Sabtu dengan setiap Senin-Kamis buka sejak pukul 07.00-14.00 WIB, hari Jumat pukul 07.00-11.00 WIB, dan di hari Sabtu pukul 07.00-12.45 WIB. Namun selama masa pandemi ini terdapat perubahan jam operasional pelayanan yakni hanya melayani sampai pukul 12.00 WIB.
Di pertengahan tahun 2021 ini, WKJ Kalibakung telah memulai program terobosan inovasi baru dengan tema “Yuh, Sehat Alami dengan SATE CEMPEK (Sadar Tentang Tanaman Obat untuk Cegah Penyakit dan Pelihara Kesehatan Kita)” dengan kegiatan pokok meliputi OMKASINO yaitu Ombe Jamu Kangge Karyawan lan Pasien Dina Rebo (Minum Jamu untuk Karyawan dan Pasien Hari Rabu).

Selain itu ada juga RORO JUMINTEN singkatan dari Produk-Produk Inovasi Tanaman Obat seperti minuman Jamu, Masker, Minyak pijat, dan Sabun.
Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman sosial media dari WKJ Kalibakung dengan akun instagram @wkj.kalibakung, akun facebook uptdwkjkalibakung, dan juga youtube pada Wisata kesehatan jamu Kalibakung.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *