Menpora : Olahraga Penting untuk Memperkuat Imunitas di Tengah Pandemi Corona

Menpora Zainudin Amali. (Foto : Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional)

Jakarta (wartajateng.id) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, olahraga menjadi hal yang penting dan harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat dipastikan imunitas menjadi kuat sebagai pertahanan melawan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 dengan cara peningkatan daya tahan tubuh dan menjaga imunitas melalui aktivitas olahraga, Kemenpora juga telah meluncurkan Lomba Senam Stay At Home sejak tanggal 1 Mei hingga Agustus 2020.

”Supaya masyarakat tetap bergerak (olahraga), karena dengan bergerak akan terjadi kebugaran fisik,” jelas Zainudin.

BACA JUGA  Dinkes Demak: Lingkungan Buruk Bisa Jadi Faktor Stunting

Di samping itu, dalam rangka pembinaan prestasi olahraga bagi kalangan atlet, Menpora juga mengumpulkan para stakeholder.

Di antaranya, KONI maupun cabang olahraga dan pelaksana kompetisi olahraga profesional pada 13 Maret 2020 untuk merundingkan mengenai bagaimana langkah yang harus diambil untuk tetap menggerakkan kegiatan olahraga di tengah pandemi Covid-19.

Menpora dan para stakeholder telah menyepakati dengan menaati aturan yang sudah dibuat oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menjalankan protokol kesehatan dengan meniadakan kompetisi olahraga sementara waktu karena berpotensi memicu adanya kerumunan.

BACA JUGA  10 Tokoh Divaksin 14 Januari, Satu di Antaranya Wali Kota Hendi

Pihaknya juga melakukan pemantauan terhadap beberapa kegiatan pelatihan nasional para atlet yang berhubungan dengan agenda kompetisi olahraga di Tanah Air. Seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang rencananya akan digelar di Papua pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 namun ditunda hingga Oktober 2021.

Selain itu, Olimpiade Jepang yang juga akan diundur pelaksanaannya. ”Kepada para atlet dan pelatih tetap kita anjurkan berlatih secara mandiri,” tegas Zainudin.

Hal itu dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penularan corona, khususnya menjaga para atlet tetap bugar dan siap untuk bertanding pada waktu yang sudah ditentukan.

BACA JUGA  Upacara Sederhana, Menandai HUT Kota Solo ke 74

”Kami berpandangan lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan atlet dan pelatih dibanding yang lain-lain,” kata Zainuddin.

Menpora juga meminta kepada masyarakat agar lebih bijak dan mengerti dengan kondisi yang seperti sekarang ini bahwa protokol kesehatan dan anjuran pemerintah melalui Gugus Tugas harus dipatuhi sebagai pencegahan penularan corona.

”Masyarakat tentu bisa melihat sendiri kegiatan-kegiatan keolahragaan sekarang ini, tetapi sekali lagi saya ingin menyampaikan bahwa kita tidak akan dimulai sebelum Gugus Tugas memberikan aba-aba untuk kita mulai,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: