Musyawarah Desa sebagai Media Perencanaan Kegiatan di Kampung KB Bule Desa Wonosari

Kegiatan musyawarah tingkat desa di kampung KB Bule Desa Wonosari kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. (Foto: dok)

Demak (wartajateng.id) – Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (BPKB) Bonang memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Banggakencana, yakni musyawarah desa di kampung KB Bule, Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jumat (23/10/2020).

Kegiatan bertujuan untuk merencanakan kegiatan teknis dalam membangun kesepahaman dan menguatkan dukungan kegiatan di Kampung KB.

Kepala desa Wonosari Salfudin dalam sambutannya menyampaikan, komitmen dan dukungannya terhadap kegiatan yang ada di kampung KB.

Salah satunya dengan menyetujui rencana anggaran yang sudah disusun dan diajukan pada pertemuan kampung KB sebelumnya melalui alokasi DD/ADD tahun 2021.

“Saya mendorong masing-masing unsur yang ada di masyarakat bersinergi dalam melaksanakan program kampung KB yang ada di Desa Wonosari,” katanya.

Sementara itu, Kasi Permas Kecamatan Bonang, Rifqi Fajrul Fariz, menyampaikan tujuan dan manfaat kampung KB yang sudah dicanangkan di Desa Wonosari dari tahun 2016.

Pada kesempatan itu, Rifqi juga menyampaikan dukungannya untuk mendorong adanya alokasi APBDes secara berkelanjutan demi berjalannya program kampung KB.

Acara diikuti oleh peserta yang terdiri dari beberapa unsur, seperti kepala kesa, Ketua pokja kampung KB, tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua karang taruna, PPKBD, sub PPKBD dan unsur lain yang terkait.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dan rembug warga yang menghasilkan poin pokok.

Yaitu kegiatan kampung KB tahun 2020 akan difokuskan di RW, dimana kampung KB dicanangkan sebagai ikon kampung KB yang nantinya bisa menjadi contoh bagi RW lain.

Adapun rencana kegiatan di RW 1 adalah, pengadaan tempat sampah sebanyak 60 unit, penanaman pohon atau tanaman hias, kebersihan lingkungan minimal 1 bulan sekali, dan akan diadakannya pertemuan khusus kelompok UPPKS (UMKM) dengan mengundang narasumber dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak.

Melalui pesan rilisnya Tim BPKB Bonang berharap, kampung KB Bule mampu mempertahankan sebagai kampung KB paripurna/berkelanjutan dengan mengoptimalkan fungsi dan peran dari semua unsur yang ada di Desa Wonosari. (Adv/Zaidi-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: