Panggung Festival Kali Tuntang 2020 Dimeriahkan Penampilan Tari Siswa SMP

Gambar tangkap layar pementasan Tari Bebungah yang ditampilkan SMP N 3 Mranggen pada panggung Festival Kali Tuntang 2020.

Demak – (wartajateng.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Demak menggelar Festival Kali Tuntang, puluhan pelajar SMP unjuk gigi menampilkan seni tari dalam festival, Selasa (1/12/2020).

Pentas daring diikuti oleh 11 sekolah di Kabupaten Demak, diantarnya SMP N 2 Gajah, SMP N 3 Guntur, SMP N 3 Bonang, SMPN 3 Mranggen, SMP N 2 Karangawen, SMP N 2 Wonosalam, SMP N 2 Karanganyar, SMP N 3 Dempet, SMP N 2 Mijen, SMP 2 Karangtengah dan SMP N 2 Bonang.

Mereka terlihat begitu piawai melenggok-lenggokkan anggota tubuhnya menyajikan kreasi tari tradisi maupun kontemporer dengan penuh enerjik dan apik.

BACA JUGA  Transaksi Kartu Kredit di Jateng Merosot 9,83 Persen

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara yang diselenggarkan di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak itu digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Meskipun dalam situasi pandemi nampaknya tak menyiutkan semangat mereka berpartisipasi dalam gelaran budaya.

Plt Dindikbud Eko Pringgolaksito dalam sambutannya mengatakan, pentas kebudayaan ini merupakan hasil akhir dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2020.

Kegiatan untuk memfasilitasi para seniman untuk terus berkarya dan melestarikan kebudayaan lokal di daerahnya.

“Semoga ini bisa menjadi pemicu dan pemacu untuk mengangkat anak anak yang memiliki bakat seni,” ujarnya, Sabtu (28/11/2020) malam.

BACA JUGA  Wayang Kulit Sebagai Bahan Pembelajaran Pendidikan Karakter

Eko juga menekankan, bahwa GSMS tidak hanya berhenti sampai di sini saja.

“Harus ditindaklanjuti oleh sekolah untuk menumbuhkembangkan potensi dan talenta siswa di bidang seni,” imbuhnya.

Ditemui di tempat terpisah Plt Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dindikbud Demak Endra Faturahman mengatakan, bahwa GSMS merupakan program yg dijalankan Kemendikbud (Dirjen kebudayaan) bekerja sama dengan Dindikbud Demak.

Dimana seniman memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP yang bertujuan meningkatkan pendidikan karakter peserta didik.

“Kegiatan ini disandingkan dengan festival kali tuntang yang notabene merupakan pelaksanaan kegiatan yang masuk dalam perencanaan kegiatan smart city di Pemkab Demak,” tutupnya, Selasa (1/12/2020).

BACA JUGA  Sambangi SMAN 3, Ganjar Cek Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka

Penampilan tari pelajar SMP dalam Festival Kali Tuntang 2020 bisa disaksikan seluruh masyarakat Indonesia melalui kanal YouTube Kebudayaan Dindikbud Demak. (Adv/Zaidi-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: