Pedagang Pasar Kliwon Tolak Jateng di Rumah Saja

Suasana Pasar Kliwon Kudus sebelum penerapan Jateng di Rumah Saja, Jumat (5/1/21). (Foto: Sulis)

Kudus (wartajateng.id) – Pedagang Pasar Kliwon di Kabupaten Kudus sepakat menolak penerapan gerakan Jateng di Rumah Saja yang di sampaikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Pasalnya gerakan yang berlaku Sabtu dan Minggu, (6-7 Februari 2021) akhir pekan ini merugikan banyak pihak termasuk warga yang bekerja di pasar.

“Kami masih tetap menolak adanya kebijakan itu. Surat permohonan pada Plt Bupati Hartopo pun telah disampaikan,” tegas Ketua Himpunan Pengusaha Pasar Kliwon (HPPK) Kabupaten Kudus Sulistiyanto saat di konfirmasi dalam pesan singkat, Jumat (5/2/2021).

BACA JUGA  Ganjar Bantu Kebutuhan Pokok Mahasiswa Nias sampai Papua

Pihaknya menilai penutupan pasar terbesar di Kudus tersebut berdampak besar pada perekonomian yang tak hanya dirasakan langsung oleh pedagang pasar. Pedagang meminta agar pemerintah dapat mempertimbangkan penerapan untuk meliburkan aktifitas pasar di Kudus selama dua hari.

“Tentu sangat merugikan, dampaknya sangat luas. Seperti karyawan, pemasok, penyetor, hingga pekerja kasar yang biasanya mondar-mandir di pasar. “ jelasnya.

Pihaknya pun mendorong para pemangku kekuasaan untuk mempertimbangkan, mengingat dalam menjaga protokol kesehatan pedagang di Pasar Kliwon Kudus juga telah menyiapkan satgas khusus juga perlengkapan protokol kesehatan di kawasan pasar. 

BACA JUGA  Cek Banjir Kebumen, Ganjar Temukan Jebolnya Tanggul Karena Dilubangi

“Di pasar Kliwon ini bersama pedagang lainnya, telah kami upayakan menjalankan protokol kesehatan ketat, bahkan juga satgas Covid-19 secara mandiri. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker terus, semua sudah dilakukan,” terangnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memutuskan tetap akan menutup pasar tradisional di Kabupaten Kudus dalam penerapan gerakan Jateng di Rumah Saja pada Sabtu dan Minggu, (6-7 Febuari 2021) akhir pekan ini. (Sulis-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: