08/10/2022

Wartajateng.id – Bertempat di Puskesmas Bojong Kabupaten Tegal, pada hari Sabtu 13 November 2021 yang lalu, dilaksanakan kegiatan Pelantikan Saka Bakti Husada (SBH) Angkatan ke-5 Pangkalan Puskesmas Bojong.

Diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari siswa/siswi SMA N 1 Bojong, SMK Hasyim Asy’ari, dan SMK Al Musyafa Bojong. “Saya memiliki harapan besar kepada SBH terutama kepada anggota baru agar SBH Bojong tetap berkontribusi aktif ke depannya dalam membantu kami di puskesmas terutama dalam kegiatan upaya kesehatan masyarakat,”bilang dr. Muhammad Afwan selaku Kepala Puskesman Bojong.

Kegiatan pelantikan ini menyampaikan beberap materi tentang krida-krida dalam Saka Bakti Husada. Saka Bakti Husada adalah merupakan satu di antara saka yang lain di Gerakan Pramuka Indonesia.

Baca Juga:Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Suradadi

Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

Terdapat 6 krida dalam Saka Bakti Husada yaitu Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluraga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, dan Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Baca Juga:Bentuk Posyandu Remaja Sebagai Promotor dan Motivator Penerapan Hidup Sehat

Kegiatan pelantikan SBH di Bojong ini, penyampaian materi tentang 6 krida disampaikan oleh Pamong SBH Puskesmas Bojong, sesuai dengan bidangnya serta ditambah materi tentang kegawat daruratan yang disertai dengan praktek.

Dalam kesempatan yang sama dilanjutkan dengan bina suasana yang di dalamnya terdapat game menarik yang bertujuan untuk membentuk kekompakan di antara anggota SBH. Di akhir acara ditutup dengan upacara serah terima jabatan dan juga pelantikan, serta pengukuhan anggota SBH oleh Kepala Puskesmas Bojong.

Dalam kegiatan ini diharapkan munculnya semangat baru dari anggota SBH Abdipadan Pangkalan Puskesmas Bojong, dapat semakin maju serta dapat mewujudkan kader pembangunan bidang kesehatan yang membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.