Wartajateng.id – Penjumlahan merupakan hitungan dasar yang sangat sering digunakan di Excel. Maka, mengetahui rumus Excel SUM dan bagaimana cara menggunakannya akan sangat bermanfaat untuk pekerjaan yang kamu lakukan. Pasalnya, dengan rumus ini penjumlahan antar sel bisa dilakukan secara otomatis.
Ketika kamu harus menjumlahkan angka-angka pada sel yang berurutan, rumus SUM menjadi pilihan yang paling tepat untuk digunakan karena proses penjumlahan akan bisa dilakukan dengan cepat. Rumus SUM juga bisa lebih dimaksimalkan fungsinya ketika dikombinasikan dengan rumus yang lain.
Rumus SUM adalah salah satu jenis rumus yang paling mudah digunakan sehingga menjadi salah satu rumus dasar yang dipelajari dalam penggunaan Excel. Meski begitu, rumus Excel harus digunakan secara tepat agar penjumlahan yang dihasilkan juga valid.
Mengenal Rumus Excel SUM
Untuk mengetahui lebih dalam terkait dengan penggunaan rumus SUM pada operasi penjumlahan Excel, berikut adalah hal-hal penting yang harus kamu pahami.
1. Pengertian Rumus SUM
SUM merupakan fungsi Excel yang dipakai untuk melakukan operasi hitung penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang ditentukan sebagai argumen. Penggunaan rumus ini akan menghasilkan sebuah angka yang merupakan jumlah dari seluruh angka yang menjadi input.
Rumus SUM bisa digunakan pada Microsoft Excel 2003 hingga Excel versi terbaru. SUM juga menjadi salah satu fungsi Excel yang populer dan banyak dipakai oleh para pengguna program Microsoft Excel.
2. Fungsi Rumus SUM
Rumus SUM berfungsi untuk menjumlahkan seluruh angka yang langsung diketikkan sebagai input, koordinat sel, maupun range sel dengan cepat. Dengan kata lain, rumus SUM ini berguna untuk menjumlahkan data angka pada sejumlah sel atau range yang telah ditentukan.
Rumus SUM bisa dipakai untuk melakukan penghitungan jumlah dalam berbagai bentuk seperti referensi sel, rumus, range, maupun hasil dari penghitungan fungsi yang lain.
3. Langkah Penulisan Rumus SUM
Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari penggunaan rumus SUM, kini saatnya kamu mempelajari cara penulisan rumus ini dengan benar. Untuk bisa menuliskan rumus SUM dengan benar di Excel, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
- Pertama, letakkan kursor pada sel di mana kamu akan meletakkan hasil pennjumlahan angka dan ketikkan tanda sama dengan (=) di dalam sel tersebut.
- Lalu ketikkan SUM (boleh memakai huruf besar atau kecil semua) setelah tanda sama dengan (=) dan lanjutkan dengan mengetikkan tanda buka kurung. Contoh: =SUM(
- Masukkan semua angka yang ingin dijumlahkan dengan mengetikkan langsung range sel atau bisa juga ditarik dengan menggunakan kursor. Sel awal dan sel akhir yang dijumlahkan biasanya dipisahkan dengan tanda titik dua(:). Contoh: =SUM(C1:C10
- Setelah memasukkan range sel yang akan dijumlahkan, ketikkan tanda tutup kurung di belakangnya. Contoh: =SUM(C1:C10)
- Selesai memasukkan range sel pada rumus, tinggal tekan saja tombol Enter.
- Proses penjumlahan selesai dilakukan dan sel akan menunjukkan hasil penjumlahan secara otomatis.
4. Bentuk Penulisan Rumus SUM Excel
Rumus SUM bisa ditulis dengan berbagai opsi. Berikut adalah beberapa contoh penulisan rumus SUM yang mungkin sering kamu jumpai di Excel.