Rumus SUMIFS Excel : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

Aditya Rahmat

Rumus SUMIFS Excel
 

Wartajateng.id – Rumus penjumlahan merupakan salah satu rumus yang paling banyak digunakan di Excel. Rumus SUMIFS Excel adalah rumus yang penting untuk dipelajari dari berbagai rumus penjumlahan yang ada. Dengan begitu kamu lebih bisa mengoptimalkan pekerjaan yang kamu lakukan di Excel.

Pada dasarnya rumus SUMIFS mempunyai fungsi yang sama dengan rumus SUM, hanya saja penggunaannya sedikit berbeda. Jika kamu bekerja dengan sejumlah kriteria pada data entri yang ingin dijumlahkan, maka yang paling tepat adalah dengan menggunakan rumus SUMIFS.

Selain itu, rumus SUMIFS bisa kamu gunakan untuk menjumlahkan nilai range yang memenuhi sejumlah syarat tertentu atau mencakup lebih dari satu kondisi. Dengan rumus ini penjumlahan lebih kompleks bisa diselesaikan di Excel dengan lebih cepat.

Mengenal Penggunaan Rumus SUMIFS Excel

Agar bisa menggunakan rumus SUMIFS di Excel dengan tepat, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting terkait dengan rumus tersebut. Yang terpenting adalah tentang berbagai kriteria yang digunakan dan cara penulisan rumus yang tepat.

1. Pengertian Rumus SUMIFS

Pengertian Rumus SUMIFS

SUMIFS merupakan salah satu rumus di Excel yang membantu untuk menjumlahkan seluruh angka dari sejumlah entri data yang terpilih. Pemilihan entri data ini tergantung pada kriteria yang digunakan sebagai input dalam SUMIFS.

SUMIFS akan menghasilkan angka yang menunjukkan hasil penjumlahan angka dari entri data yang memenuhi kriteria data input. Rumus SUMIFS bisa digunakan pada Microsoft Excel 2007 atau versi yang lebih baru.

Baca juga  Kumpulan Rumus Excel Lengkap (SUM, VLOOKUP, MAX, MIN, dll)

2. Fungsi Rumus SUMIFS

Fungsi Rumus SUMIFS

Rumus SUMIFS masuk ke dalam  fungsi Matematika dan Trigonometri. Fungsi dari rumus ini adalah untuk menjumlahkan nilai dalam sebuah range yang memenuhi sejumlah syarat atau kriteria tertentu. SUMIFS dituliskan dengan sintaks =SUMIFS(sum_range ;criteria_range1; criteria1;;…).

Berikut adalah keterangan dari argumen yang digunakan dalam sintaks fungsi SUMIFS di atas.

a. sum_range

Argumen yang harus digunakan sehingga wajib ada dalam sintaks fungsi SUMIFS. Argumen ini menunjukkan range sel atau nilai-nilai yang akan dijumlahkan.

b. criteria_range1

Argumen ini menunjukkan range sel yang nantinya akan diuji dengan criteria1.

c. criteria1

Argumen ini adalah syarat atau kriteria yang menunjukkan sel yang akan dijumlahkan. Baik criteria_range1 dan criteria1 dituliskan berurutan karena keduanya adalah pasangan syarat atau kriteria yang dipakai pada penjumlahan SUMIFS.

Bagikan:

Tags

Aditya Rahmat

Saya suka banget menulis tentang dunia teknologi mulai dari aplikasi, game serta tips dan trik. Karena menulis teknologi adalah hobiku dari kecil.

Leave a Comment