28/11/2022

wartajateng.id – Akses jalur Bawang – Dieng yang dikenal dengan Jalan Tol atas awan atau Tol Kayangan. Ekstremnya jalan dengan tanjakan atau turunan yang sangat curam dan tikungan tajam dengan kontruksi beton itu, menjadi viral.

Jalan penghubung Kabupaten Batang dan Banjarnegara itu, kini kondisi banyak yang rusak. Sehingga membahayakan pengendara, terlebih pada liburan Lebaran yang diprediksi ramai dikunjungi wisatawan.

“Ya, nanti saya minta DPUPR segera diperbaiki jalan yang rusak itu. Tapi mulai tahun ini jalan tersebut kita serahkan ke Pemprov. Sehingga menjadi jalan Provinsi,” kata Bupati Batang Wihaji, usai resmikan Container food di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Jumat (29/4/2022).

Ia menyebutkan Jalan Tol atas awan dengan panjang sekitar 8,9 Km dengan lebar 5 M butuh penggagaran perbaikan yang cukup banyak.

“Jalan Tol Kayangan ini butuh penganggaran banyak. Maka biar diambil alih Provinsi yang memiliki anggaran perbaikan jalan yang lebih banyak dari Pemkab Batang,” ungkapnya.

Penyerahan kewenangan jalan ke Provinsi agar bisa ditata ulang. Mulai dari tukungan yang terlalu tajam dan turunan yang sangat curam.

“Nanti provinsi menata ulang agar tikungan tidak terlalu tajam dan turunan menjadi landai dan bisa diperlabar. Sehingga pengunjung Destinasi wisata Desa Pranten dan Dieng bisa nyaman,” ujar dia.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *