PKBM Mukti Utama Lestarikan Budaya Literasi

Tegsa Teguh Satriyo Sastrawan Semarang memberikan materi membaca puisi yang baik saat workshop penulisan dan pembacaan puisi di SDN Karangsari 1, Kecamatan Karangtengah Demak, Sabtu (3/10/2020). (Foto : Nizar)

Demak (wartajateng.id) – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama bekerjasama dengan SDN Karangsari 1 Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, menggelar workshop penulisan dan pembacaan puisi, Sabtu (3/10/20).

Mengusung tema Puisi Jangan Mati di Tengah Pandemi, acara tersebut didukung sepenuhnya oleh Panggung Kahanan.

Panitia Workshop Puisi Jangan Mati di Tengah Pandemi, Tegar Aji Saputra, menyatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya, terutama dalam bidang literasi.

Melalui PKBM Mukti Utama, pihaknya ingin mengajarkan pada generasi muda terutama bagi siswa sekolah dasar untuk mencintai karya seni berupa puisi, meskipun masih berada di masa pandemi seperti ini.

“Setelah kegiatan ini, anak-anak yang memiliki potensi di bidang sastra akan
mendapatkan pendampingan dari PKBM Mukti Utama, nantinya hasil karya mereka akan dihimpun dalam bentuk buku,” ungkapnya.

Dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19, acara berlangsung di halaman SD Karangsari 1 dengan diikuti oleh siswa siswi kelas 4 dan kelas 5.

Dosen UPGRIS Setia Naka Andrian, yang memandu workshop penulisan puisi menyampaikan bahwa menulis puisi bisa diawali dari hal-hal kecil disekitar kita, merespon benda-benda disekeliling kita  maupun mimpi-mimpi serta keinginan kita.

Sementara itu, penulis dan juga sastrawan Tegsa Teguh Satriyo, mengajari peserta workshop bagaimana membaca puisi yang baik. Menurutnya, artikulasi atau suara dalam membaca puisi harus jelas,  memperhatikan intonasi suara, dan berekspresi.

Disisi lain, Kepala SDN Karangsari 1, Supri Nuryanto, mengapresiasi kegiatan ini yang dilaksanakan dalam rangka memberikan pelajaran tambahan untuk anak-anak , diluar kegiatan belajar mengajar.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik,sehingga anak -anak tidak hanya berkutat di dalam kelas tapi juga belajar diluar dengan santai,” pungkasnya. (Nizar-02)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: