Polda Jateng Terjunkan 14 Ribu Personil Amankan Pilkada

Personil kepolisian Polda Jateng melakukan apel dalam rangka pengamanan Pilkada 2020. (Foto : dok)

Semarang (wartajateng.id) – Polda Jawa Tengah terjunkan 14 ribu lebih personel kepolisian untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di berbagai daerah di Jateng.

Polda Jateng sendiri telah memetakan sejumlah titik kerawanan dalam Pilkada Serentak 2020 yang diselenggarakan di 21 daerah. Polda Jateng menggunakan alat ukur Indeks Potensi Kerawanan (IPK).

“Dari Polda, dengan 21 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada, yang diturunkan sekitar 14 ribu personel Polri ditambah TNI. Semua daerah menjadi fokus perhatian pengamanan pilkada, tapi dengan eskalasi yang berbeda,” kata Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Sabtu (12/9/2020).

BACA JUGA  Cek Posko Nataru, Ganjar Pastikan Semua Aman

Pihaknya menerangkan, IPK Pilkada 2020 diukur menggunakan lima dimensi, 17 variabel, dan 118 indikator. Keseluruhannya disandingkan dengan karakteristik potensi kerawananan dari masing-masing daerah.

“Itu sudah menjadi catatan kepolisian untuk dijadikan pedoman dalam rangka melakukan deteksi dini dan mencegah dini terjadinya gangguan kamtibmas, atau terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang jadi dasar pengamanan oleh satuan kewilayahan,” tambah Iskandar.

Ia tidak merinci titik mana saja yang sudah dicatat dan dievaluasi. Sejauh ini, tim terus bekerja agar potensi gangguan dan kerawanan pada Pilkada 2020 dapat diminimalisir. (Majid-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: