Rawat Situs Bersejarah, Dindikbud Demak Lakukan Inventarisasi Cagar Budaya

Pelaksana Tugas (Plt) UPTD Museum Dindikbud Demak, Widodo, Rabu (16/12/20). (Foto : Nizar)

Demak (wartajateng.id) – Sebagai tinggalan sejarah dan budaya, cagar budaya tentunya harus dirawat, dijaga, dan dilestarikan secara baik agar dapat dijadikan media pembelajaran bagi khalayak umum.

Beranjak dari hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak lakukan inventarisir cagar budaya yang nantinya dimasukan pada register.

Pelaksana Tugas (Plt) UPTD Museum Dindikbud Demak, Widodo mengungkapkan, bahwa inventarisasi tersebut dilakukan pada cagar budaya dan yang diduga cagar budaya.

“Cagar budaya yakni benda yang telah ditetapkan pemerintah dan telah mendapatkan SK. Sedangkan yang di duga cagar budaya yakni benda yang belum ditentukan secara resmi sebagai situs cagar budaya,” paparnya, Rabu (16/12/20).

BACA JUGA  DPRD Karanganyar Evaluasi Rencana Belajar Tatap Muka

Lanjutnya, inventarisasi cagar budaya ditujukan untuk meminimalisir perubahan hingga hilangnya benda cagar budaya.

“Inventarisasi cagar budaya yang ada di Kabupaten Demak pada saat ini sudah 200 lebih dan masih akan terus ada setiap tahunnya,” pungkasnya.

Sementara untuk kriteria cagar budaya yang trinventarisasi yakni benda yang telah berusia 50 tahun dan mewakili jamannya, serta digunakan untuk kegiatan di masa lalu. (Nizar-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: