28/11/2022

Wartajataeng.id –  RSUD dr. Soeratno Gemolong, melakukan soft launching lima inovasi sekaligus. Lima inovasi tersebut yaitu TALITA (Duta Pelayanan Penuh Cinta), SI DIAN (Sistem Digitalisasi Arsip Kepegawaian), SIUL (Sistem Informasi Usulan Langsung), SIDATAN (Sistem Informasi dan Pendaftaran Online) dan GEMATI (Gemolong Hospital Chatbot Information).

 

Direktur RSUD dr. Soeratno Gemolong, dr. Kinik Darsono, M.Pd., Ked., menerangkan kelima inovasi tersebut merupakan upaya untuk lebih meningkatkan pelayanan Rumah Sakit. Salah satu inovasi yang diunggulkan yaitu TALITA. TALITA terpilih diantara 11 rumah sakit umum & swasta se-Kabupaten Sragen dalam acara talkshow Pameran Inovasi Kesehatan #3 (PIKES) tahun 2021.

 

“TALITA bukanlah inovasi yang berbasis teknologi informasi, walaupun kami memiliki inovasi lain yang berbasis teknologi, tapi biarlah hal yang bisa dikerjakan mesin tetap dikerjakan oleh mesin, kita manusia mengerjakan hal yang tidak bisa dikerjakan oleh mesin. TALITA merupakan inovasi yang lebih menyentuh rasa kemanusiaan, jadi bagaimana memanusiakan pasien kita supaya tidak keloro-loro”, ujarnya.

 

Dalam urusan internal RSUD, Kinik menjelaskan, aplikasi SI DIAN memudahkan manajemen RSUD dalam urusan kepegawaian. Aplikasi SI DIAN, berkesempatan mendapatkan peringkat II Latsar CPNS Golongan II Angkatan 167 Pola BIP Jawa Tengah 2021. “SI DIAN ini terdapat banyak fitur yang membuatnya berbeda dengan sistem inovasi lain yang serupa”, jelasnya.

 

“Selain SI DIAN, kami juga meluncurkan aplikasi SIUL yang juga sangat memudahkan manajemen RSUD terutama di bagian pengadaan barang dan jasa. Aplikasi SIUL memudahkan proses pengusulan barang dan tracking pengadaan barang di rumah sakit”, paparnya.

 

Kinik menambahkan, RSUD dr. Soeratno Gemolong juga memiliki inovasi yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pelayanan bagi masyarakat. “Kami juga memiliki aplikasi SIDATAN dan GEMATI. Melalui SIDATAN, masyarakat dapat mempersingkat waktu pendaftaran melalui sistem online sehingga tidak perlu datang ke RSUD, asalkan memiliki akses internet.

 

Sedangkan melalui GEMATI, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi berbagai layanan di RSUD yang bisa diakses 24 jam non stop melalui whatsapp di nomor 0898 30 10000 atau melalui link https://s.id/gemati”, tambahnya.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *