Santri Diajak Sinau Bareng Moderasi Beragama

Kegiatan Sinau Bareng dengan tema “Santri Pelopor Moderasi Beragama” yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Al-Hidayah Subang, Jawa Barat. (Foto : dok/KKN)

Subang (wartajateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) reguler kelompok 142 angkatan ke 75 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adakan Sinau Bareng (Belajar Bersama) dengan tema ‘Santri Pelopor Moderasi Beragama.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, bertempat di Masjid Jami Al-Hidayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Koordinator KKN-DR kelompok 142 Ahmad Fauzi menuturkan, kegiatan Sinau Bareng dihadiri oleh semua santri Ponpes Miftahul Ulum kelas Aliyah, kegiatan tersebut juga diadakan secara online melalui siaran langsung dari instagram @kkn.regdr75.klp142.uinws pada pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai.

“Yang dibahas dalam kegiatan tersebut tentang batasan beragama dan bersikap moderat dalam pengajaran agama. Ada 3 batasan beragama dan akan dinamakan berlebihan jika melewatinya yaitu peri kemanusiaan, kesepakatan bersama serta ketertiban umum,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengajar Ponpes Miftahul ‘Ulum, Ustaz Ismail Yuafi menyampaikan, pesan terkait persoalan santri pelopor moderasi beragama, bahwa santri menjadi bagian penting dari aset bangsa yang telah berperan serta dalam meraih Kemerdekaan RI dan menjaga kedaulatan NKRI.

“Mengamalkan ajaran agama itu jangan berlebihan. Dan selalu menjadi yang terbaik di tengah ekstrimis dan liberalis. Begitu juga dengan Santri yang sudah sepatutnya jadi pelopor islam wasathaniyah karena nasab keilmuannya utuh.” pungkasnya. (Penulis Tim KKN-Nizar-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: