Satpol Tindak Warga Tak Terapkan Protokol Kesehatan

Aktifitas petugas gabungan melakukan operasi yustisi dan menindak sejumlah warga yang tidak tertib protokol kesehatan. (Foto : Ist)

Kudus (wartajateng.id) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus, gencar melakukan operasi yustisi di sejumlah wilayah. Dibagi dalam empat tim, petugas operasi yustisi gabungan dengan TNI dan Polri, langkah tersebut dilakukan sebagai pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Kudus.

Kepala Satpol PP Kudus Djati Solechah menyampaikan, dalam kegiatan operasi yustisi tersebut gencar mengimbau kepada pelaku usaha dan tempat keramaian di wilayah agar selalu mentaati protokol kesehatan dan juga mentaati jam operasional yang ditentukan. 

BACA JUGA  Gedung Korpri Purbalingga Disiapkan Jadi Rumah Karantina Pemudik

“Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Kudus No.800/024/26.00/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna antisipasi peningkatan covid-19 di beberapa wilayah di Kabupaten Kudus,” katanya Minggu (24/1/21).

Petugas gabungan melakukan operasi yustisi di empat Kecamatan, yakni Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Jati, Kecamatan Kota, dan Kecamatan Mejobo. Petugas gabungan menindak warga yang tak tertib protokol kesehatan dan melakukan sosialisasi PPKM di Kudus.

“Kegiatan tersebut petugas gabungan sambangi minimarket, warung makan, pasar, dan sejumlah tempat berkumpul masyarakat untuk melakukan pengecekan ketersediaan protokol kesehatan dan penerapan jam buka selama PPKM,” ungkapnya. 

BACA JUGA  Lantik Dewan Pengawas, Bupati Idza Berharap Kinerja Ditingkatkan

Sedikitnya dalam razia di empat lokasi tersebut, 12 warga pelanggar protokol kesehatan dikenakan sanksi sosial. Para pelanggar protokol kesehatan yang terdapat di dua Kecamatan tersebut diminta menyapu tempat umum. Dua orang pelanggar protokol kesehatan di pasar barang bekas wilayah Kecamatan Jati, sisanya di Kecamatan Mejobo.

“Kami sanksi pelanggar protokol kesehatan sesuai Peraturan Bupati Nomor 41 Tahun 2020. Melakukan penegakan yustisi di area Jalan  depan Balai Desa Jojo, 10 orang  Pelanggar tidak memakai masker di kenakan Sanksi kerja sosial,” sambungnya.

BACA JUGA  Jalur Pendakian ke Puncak Lawu Kembali Dibuka

Operasi Yustisi dan sosialisasikan PPKM di Kudus gencar dilakukan petugas gabungan Satpol PP Kudus, Kodim 0722/Kudus, Polres Kudus, dan Kecamatan setempat. Mengingat angka penyebaran virus Covid-19 di Kudus masih cukup tinggi.(Sulis-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: