28/11/2022

Wartajateng.id –  Destinasi menarik muncul di Dusun Kaligaleh, Desa Kalijoso, Kecamatan Secang Kabupaten Magelang baru-baru ini. Destinasi tersebut diberi nama “Talang Londo”. Destinasi yang digagas oleh BUMDES Kastara tersebut sudah mulai dirintis sejak 5 bulan lalu.

Destinasi wisata yang mengusung tema air dengan wahana perahu dan kano yang melintas memanfaatkan aliran Sungai Manggis tersebut semakin diminati pengunjung.
“Talang Londo itu adalah sebuah talang atau tempat aliran air yang dibuat pada zaman Belanda. Nah kali ini kita mencoba untuk mengangkat ikon itu untuk sebuah destinasi wisata,” kata Pengelola Talang Londo, Prastiyo, Jumat (7/1).
Sungai Manggis yang berhulu di Badran Kabupaten Temanggung tersebut dimanfaatkan oleh BUMDES Kastara sebagai wahana air, di samping memanfaatkan pemandangan alam yang ada di sana.
“Untuk alat kelengkapan seperti helm, pelampung, pengaman siku selalu kita sediakan untuk pengunjung. Bahkan pengelola juga telah dilatih terkait mitigasi bencana air,” lanjutnya.
Pras mengatakan Destinasi Talang Londo saat ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung rata-rata per hari mencapai 100 orang, sementara tiket wahana perahu Rp5.000 rupiah per orang.
“Wahana perahu itu untuk satu kali putaran jaraknya sekitar 850 meter, dan kapasitas perahu untuk 6 orang dewasa,” jelasnya.
Selain wahana perahu, di tempat tersebut juga terdapat fasilitas aula meeting, warung dan pementasan kesenian.
Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menyambut baik kehadiran Destinasi Talang Londo. Menurutnya, kemunculan destinasi baru di Kabupaten Magelang perlu mendapatkan dukungan untuk memberikan pilihan wisatawan yang masuk di Kabupaten Magelang dalam melakukan perjalanan wisata.
“Nanti akan kita coba untuk menyusun travel patternnya sehingga destinasi tersebut dapat berkolaborasi dengan yang lain menjadi satu paket perjalanan wisata,” harapnya.
Ketua Forum Daya Tarik Wisata Kabupaten Magelang, Edward Alfian juga menanggapi positif hadirnya Destinasi Talang Londo. Menurutnya, dengan bertambahnya destinasi yang memiliki keunikan tersendiri akan menambah pilihan wisatawan yang datang di Kabupaten Magelang.
“Talang Londo ini unik, ada wahana perahu di sana. Kano juga ada. Saya sangat mengapresiasi atas semangat desa Kalijoso melalui BUMDES Kastara untuk ikut andil bergerak dalam dunia pariwisata,” katanya.
Edward mengatakan, Talang Londo merupakan destinasi pertama yang menyuguhkan wahana perahu bermesin untuk menyusuri sungai.
Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *