Tiba di Terminal Solo, Pemudik di Swab Test Antigen

Penumpang bus antar kota yang memasuki Terminal Tirtonadi menjalani swab test antigen Kamis, (24/12/2020). (Foto : Ist)

Solo (wartajateng.id) – Para penumpang bus yang berasal dari luar kota, diwajibkan menjalani swab test antigen usai tiba di Terminal Tirtonadi Solo.

Satu persatu para penumpang yang berasal dari luar kota, memasuki satu ruangan untuk menjalani swab test antigen yang dilakukan oleh UPTD terminal Tirtonadi yang bekerjasama dengan Basarnas tersebut.

Kepala terminal tipe A Tirtonadi kota Solo, Joko Sutriyanto kepada sejumlah wartawan, Kamis (24/12/2020) menyampaikan, swab test antigen ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk pencegahan dan penyebaran virus Covid-19.

BACA JUGA  Jaringan Kiai Dukung Hendi Calon Wali Kota Semarang

“Swab test antigen ini sebagai pengawasan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 agar tidak menyebar kemana-mana. Untuk itu, setiap penumpang bus yang berasal dari luar kota kita lakukan test,” jelasnya.

Menurut Joko, jika hasil swab tes antigen ini reaktif, maka akan dilakukan isolasi sambil menunggu penjemputan dari Satgas Covid-19 kota Solo.

“Dari 50 penumpang yang kita lakukan swab est antigen, seluruhnya non reaktif,” katanya.

Dikatakannya, swab test antigen ini terus dilakukan sampai tanggal 3 Januari 2021 mendatang dengan target 800 penumpang dengan sasaran bus AKAP, terutama para pemudik. Pelaksanaan swab test antigen dilakukan dengan tiga shift.

BACA JUGA  Kurangi Polusi, Ribuan Bibit Pohon Ditanam Perbatasan Kota Semarang

“Kita lakukan setiap hari. Kita harapkan swab test antigen ini dapat meminimalisir enyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Disisi lain, Joko menuturkan arus penumang pada saat enjelang libur Natal dan tahun baru di terminal Tirtonadi, mengalami penurunan drsati hingga encapaai 30 persen.

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah penumpang turun mas. Ini merupakan salah satu dampak pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Iwan-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: