UMM Kampus Islam Terbaik Dunia 2021

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Foto : ist).

Semarang (wartajateng.id) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinobatkan di urutan pertama perguruan tinggi Islam terbaik di dunia tahun 2021 versi UniRank.

UMM berhasil mengalahkan Iran University of Science and Technology yang menempati posisi kedua dan Cairo University di posisi ketiga. Selain UMM, dua kampus Muhammadiyah lainnya juga masuk 10 Top Islamic Universities 2021. Keduanya, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Peringkat tersebut didasarkan pada algoritma yang mencakup 5 metrik web independen dari 4 sumber web berbeda, yakni Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

BACA JUGA  KAI Daop 4 Tambah Layanan KA Eksekutif Jurusan Jakarta

Dalam pemeringkatan kampus terbaik, UniRank menggunakan berbagai kriteria, antara lain:

1. Mendapat akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk Kementerian Pendidikan di suatu negara.

2. Menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral).

3. Memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka.

“Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga ulasan non-akademik dari universitas islam terbaik dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, tidak dipengaruhi siapapun dan sumber web independen dari data yang dikirim oleh universitas itu sendiri,” terang UniRank dikutip laman resminya, Sabtu (20/02/21).

BACA JUGA  Pagi Ini, Gempa 5.2 M di Kotamobagu Sulut

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, prestasi yang diraih perguruan tinggi Muhammadiyah ini benar-benar membanggakan.

“Semuanya telah berbuat dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif, serta memberi manfaat strategis dan kemanfaatan besar bagi kemajuan Persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global,” kata Haedar. (Nizar-05).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: