Undip Diskusi Bahas Sampah Jadi Bahan Potensial

Tangkap layar paparan materi oleh Sri Sumiyati saat Webinar Industri dan Lingkungan seri-4 oleh Pusat Riset Teknologi Hijau, Kamis (4/3/2021)

Semarang (wartajateng.id) – Pusat Riset Teknologi Hijau (Green Technology) Sekolah Pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Webinar Industri dan Lingkungan Seri-4 bertema mengubah sampah menjadi berkah, Kamis (4/3/2021).

Dekan Pascasarjana Undip Dr. R.B. Sularto mengatakan, bahwa webinar ini merupakan seri ke empat setelah sebelumnya sempat terhenti terutama karena persiapan awal tahun.

“Persoalan sampah ini tidak hanya saat kondisi pandemi Covid-19 saja kita hadapi bersama, terlebih saat sebelum pandemi dan mungkin setelah pandemi berakhir, sampah masih jadi permasalahan bersama,” Dr Sularto, Kamis (4/3/2021).

BACA JUGA  Undip Kirim 128 Proposal Ilmiah Ajang PKM Mahasiswa

Dengan adanya dialog ini Dr Sularto berharap bisa mengulik permasalahan sampah yang dialami Indonesia khususnya di masa pandemi yang menjadi problematika sehari-hari.

“Terlebih lagi sampah anorganik yang membutuhkan penanganan sendiri karena sampah plastik itu membutuhkan waktu cukup lama untuk hancur. Sampah ini kita ubah agar menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat bagi kita semua,” paparnya.

Webinar yang diadakan siang hari ini diisi oleh empat pembicara yaitu Ketua Pusat Riset Teknologi Hijau (Green Technology Research Center) Sekolah Pascasarjana Prof Purwanto, Senior Vice President (SVP) Teknologi PT Pupuk Kaltim Heri Subagyo, Dosen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Undip sekaligus Ketua Bank Sampah Gedawang Dr. Sri Sumiyati, S.T.,. M.Si dan Ketua Pusat Riset Pengembangan Ketahanan Infrastruktur Ramah Lingkungan Maryono.

BACA JUGA  Mendikbud Buka Suara Terkait Tindak Intoleransi di SMKN 2 Padang

Topik bahasan antara lain tentang sampah yang merupakan sumber daya potensial, bank sampah yang ikut menyokong circular economy yaitu konsep alternatif dari ekonomi linear (produksi – penggunaan – pembuangan).

Selain itu, penanganan sampah ketika bencana, dan pemberdayaan masyarakat melalui sampah khususnya di PT Pupuk Kaltim.

Acara ini di moderatori oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Undip Dr. Hartuti Purnaweni, MPA. Tayangan ulang webinar bisa ditonton kembali di kanal YouTube UndipTV Official.

Tangkap layar paparan materi oleh Sri Sumiyati saat Webinar Industri dan Lingkungan seri-4 oleh Pusat Riset Teknologi Hijau, Kamis (4/3/2021). (Devan-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: