28/11/2022

Wartajateng.id – UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Tegal yang beralamat di Jl. Dr. Soetomo No. 1C Slawi, mempunyai VISI dan MISI yang bisa membangun keberlangsungan pelayanan terhadap masyarakat. Adapun VISI Laboratorium Kesehatan yaitu terwujudnya Laboratorium Kesehatan rujukan yang berkualitas. Sedangkan Misi Laboratorium Kesehatan :

  1. Melaksanakan tugas teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal di Bidang Laboratorium Kesehatan
  2. Meningkatkan sistem manajemen sarana prasarana pelayanan Laboratorium Kesehatan yang baik dan bermutu
  3. Meningkatkan kemampuan tenaga Laboratorium yang profesional
  4. Melaksanakan pemantapan mutu pelayanan Laboratorium Kesehatan
  5. Mengembangkan kemitraan dengan pihak terkait

 

Sebagai gambaran umum dari UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Tegal sangat luas, maka akan diambil karakteristik dari aspek pengelolaan lokasi dan ruang laboratorium, kelengkapan peralatan dan bahan laboratorium, penyimpanan peralatan dan bahan laboratorium, perlengkapan laboratorium, pemeliharaan peralatan laboatorium, organisasi dan pengadministrasian laboratorium, pemanfaatan laboratorium, penyediaan dan penyiapan peralatan dan bahan, keselamatan kerja laboratorium, serta kebersihan ruang dan perabot laboratorium.

Sumber Daya Manusia yang ada di UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Tegal sudah memenuhi standar mutu pelayanan di laboratorium. Terdiri dari Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan 1 orang, Kasubag TU 1 orang,  profesi ahli teknologi laboratorium medik ada 6 orang, 1 orang profesi sanitasi lingkungan, tenaga pengadministrasian umum 1 orang dan 1 orang dari tenaga harian lepas.

 

Untuk jam pelayanan UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Tegal hari Senin sampai Kamis dari jam 07.30 WIB – 14.00 WIB, hari Jumat dari jam 07.30 WIB – 10.00 WIB. Adapun bentuk pemeriksaan yaitu bakteriologi, kimiawi, fisika, parasit dan klinis. Sampel yang masuk berupa sampel makanan, minuman, air bersih, air minum, air limbah, dan klinis. Sampai saat ini UPTD Laboratorium Kesehatan Kabupaten Tegal sudah menjalin mitra jejaring dengan organisasi perangkat daerah, perusahaan swasta, pabrik, rumah sakit pemerintah dan swasta.

 

Pada masa pandemi COVID-19, tenaga laboratorium kesehatan aktif dalam pengambilan sampel rapid test. Untuk pengambilan sampel ini bisa dilakukan di dalam Laboratorium Kesehatan maupun di luar, sesuai permintaan dari pasien.

 

Pengujian makanan secara Bakteriologi meliputi MPN Coliform/MPN E Coli, ALT, E Coli, Salmonella, Vibrio Cholera, Staphyllococcus Aureus, Kapang & khamir. Sedangkan untuk pemeriksaan makanan secara kimia yaitu pemanis, pengawet, dan pewarna.

 

Untuk uji sampel air secara Bakteriologi meliputi MPN Coliform/ MPN E Coli, ALT, E Coli, Salmonella, Vibrio Cholera, Staphyllococcus aureus, Kapang & Khamir. Untuk uji sampel air secara fisika terdiri dari suhu, bau, rasa, warna, kekeruhan, TDS, TSS. Dan uji sampel air secara kimia terdiri Alumunium, Amoniak, Besi, BOD 5 hari, COD, Kesadahan, Klorida, Kromium, Mangaan, Nitrat, Nitrit, O2 terlarut, pH, Phosphat, Sianida, Sisa Chlor, Sulfat dan Zat Organik.

 

Pemeriksaan sampel darah diuji secara kimia klinik, meliputi glukosa darah sewaktu/ puasa atau 2 jam PP, cholesterol total, trigliserida, HDL/ LDL Cholesterol, asam urat, ureum, kreatinin, SGOT, dan SGPT

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *