28/11/2022

Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI) merupakan sebuah gerai warung yang dikelola secara gratis oleh sekitar enam orang mitra deradikalisasi yang berdomisili di sekitaran Solo. Warung NKRI menjual berbagai produk UMKM seperti kerajinan tangan, jamu, makanan, dan cemilan ringan. Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa menghadiri peresmian Warung NKRI di Stasiun Balapan Solo, Kamis 9 Desember 2021.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, mengatakan, Warung NKRI diharapkan dapat mengangkat semangat anti radikalisme dan terorisme. Selain itu, konsep warung  NKRI diharapkan menjadi tempat pertemuan, dalam kegiatannya dapat dititipkan pesan kebangsaan sehingga dapat memberi ruang kepada eks narapidana terorisme (napiter) dan mitra deradikalisasi agar mampu mandiri secara ekonomi.

“Aktivitas perekonomian UMKM di warung ini kita berikan kepada eks-napiter dan penyintas sebagai bentuk pemberdayaan berbasis kesejahteraan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, turut disampaikan pula oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Persero, Pendirian Warung NKRI merupakan salah satu kolaborasi untuk menindak lanjuti PKS yang sebelumnya telah dibuat bersama.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *