28/11/2022

Sobat id, belajar mengenai peradaban masa lalu sungguh mengasikkan. Kalian dapat mengetahui sekilas tentang kehidupan masa lalu yang pernah terjadi. Lalu, dimana kalian bisa melihat sekilas tentang peradaban masa lalu ini? Kita bisa mengetahui peradaban masa lalu ini melalui berbagai sumber, salah satu sumbernya adalah dengan mengunjungi Museum Ranggawarsita Semarang.

Museum ini memiliki 5 gedung utama. 5 gedung ini juga memiliki koleksi yang berbeda-beda. Untuk informasi lebih lengkapnya, sebagai berikut :

Gedung A

Lantai 1 Gedung A memiliki Galeri Geologi yang berisi Lukisan Alam Semesta dan berbagai koleksi benda geologi. Sedangkan lantai 2-nya memiliki Galeri Paleontologi yang berisi barang-barang peninggalan zaman purba

Gedung B

Lantai 1 Gedung B memiliki koleksi benda peninggalan masa Hindu – Budhha seperti arca, miniatur dan berbagai replika prasasti. Sedangkan lantai 2-nya berisi peninggalan peninggalan dari zaman batu hingga zaman kolonialisme Belanda.

Gedung C

Lantai 1 Gedung C ini memiliki berbagai yang dipisah menjadi dua bagian: koleksi semasa perjuangan fisik dan diplomasi. Sedangkan lantai 2-nya memiliki Galeri Koleksi Teknologi dan Kerajinan Tradisional. Galeri ini memiliki banyak ruangan khusus seperti ruang teknologi industri dan transportasi, ruang teknologi kerajinan dan lain-lain.

Gedung D

Lantai 1 Gedung D memiliki Galeri Pembangunan yang memiliki beberapa ruangan. Sedangkan lantai 2nya memiliki Gakeri Kesenian yang berisi koleksi benda kesenian rupa maupun musik. Saat mengunjungi galeri ini, kalian bisa melihat koleksi Wayang Kayu maupun Wayang Kontemporer.

Gedung E

Gedung E ini memiliki Galeri Koleksi Emas yang dibagi menjadi 4 kategori. Yaitu perhiasan badan, perhiasan kepala, cincin dan benda sarana upacara.

Museum ini memiliki lokasi di Jl. Abdulrahman Saleh No.1, Semarang. Harga tiket untuk memasuki museum ini hanya Rp4.000 per-orang, sangat murah bukan? Sedangkan jam operasional, museum ini beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari.

Bagaimana sobat id? Berminat untuk mengunjungi Museum Ranggawarsita?

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *