28/11/2022

Wartajateng.id –  Setelah vacum selama dua tahun, Gelaran Wonderful Solo Carnival kembali diselenggarakan pada hari Sabtu 27 November 2021. Mengusung tema Bangkit Berkarya untuk Solo memilih tempat di Open Stage Taman Balekambang Solo secara hybrid, dan live streaming di Youtube Pariwisata Solo, Gibran TV dan offline dengan penonton terbatas, tentunya tetap mengutamakan Protokol Kesehatan.

 

Tema ‘Bangkit Berkarya Untuk Solo’ ini di inisiatif oleh Paguyuban Seniman Karnaval Solo Raya (PASKAS). Sebagai wujud dari bangkitnya seni karnaval di Kota Solo usai vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

 

Dalam sambutannya Ketua PASKAS Ikhsanudin mengucapkan terimakasih kepada Disporapar Jateng, Disporapar Kota Surakarta yang telah mendukung terlaksananya acara Wonderful Solo Carnival 2021 dari awal hingga selesai, dalam acara ini menampilkan 70 kostum carnival dari 6 defile, 5 dari potensi kecamatan yang ada di kota solo yakni Laweyan, Banjarsari, Serengan, Pasar Kliwon dan JebresJebres yang ditampilkan dalam wujud balutan kostum carnival.

 

Kota Solo merupakan Kota Multikultural, dengan berbagai etnis dengan kebudayaan serta adat istiadat lahir dan berkembang di Kota Solo hidup berdampingan seperti etnis Arab, etnis Tionghoa, dan etnis Jawa.

Berbagai etnis yang hidup berdampingan dan juga budaya serta adat istiadat yang masih dipegang teguh di Surakarta inilah yang menjadi dasar diangkatnya defile-defile, Masing-masing daerah di Surakarta juga memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

Kampung Arab Pasar Kliwon merupakan kawasan etnis Arab, Kampung permata Jayengan sebagai pemukiman para pengrajin permata. Banjarsari dimana terdapat taman Balekambang sebagai kawasan habitat rusa dan burung-burung, Kampung Pecinan Sudiroprajan yang merupakan pemukiman terbesar bagi etnis Tionghoa di Surakarta, dan kampung Batik Laweyan yang merupakan sentra pengrajin batik terbesar di Indonesia.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *