Wujudkan Masjid Hijau, Mahasiswa UIN Walisongo Tanam Pohon

Mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo dan Karang Taruna menanam pohon di sekitar lokasi masjid. (Foto : dok/KKN)

Purbalingga (wartajateng.id) – Dalam upaya menciptakan masjid yang lebih sejuk, sekitar 50 bibit pohon ditanam di 10 masjid yang ada di Desa Bojanegara, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga.

Aksi penanaman pohon dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) reguler angkatan 75 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang bersama dengan Karang Taruna dan masyarakat setempat.

Koordinator Kelompok 124 KKN-DR UIN Walisongo Wily Sandy mengungkapkan, bahwa konstribusi tim KKN guna melancarkan dan menyukseskan kegiatan tersebut, yakni memberikan sumbangan berupa sejumlah bibit pohon dan tenaga dengan membantu menanam bibit-bibit pohon. Hal itu sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar.

“Kami sebagai mahasiswa sangat antusias dengan adanya kegiatan kepedulian lingkungan, sebisa mungkin kami ikut serta membantu menyumbangkan tenaga dan beberapa bibit pohon sebagai symbol terimakasih kita kepada masyarakat yang telah ikut serta menjaga lingkungan sekitar,” katanya.

Ketua Karang Taruna Desa Bojanegara Rigi Handoyo menuturkan, bahwa kegiatan tersebut berawal dari pemanfaatan lahan pelataran masjid yang masih kosong dan luas.

Lanjutnya, Rigi juga berharap bibit pohon yang ditanam di 10 masjid dapat berkembang dengan baik, sehingga membuat masjid-masjid yang ada di Desa Bojanegara lebih adem.

“Saya sangat berharap dengan adanya kegiatan ini dapat berkembang dan juga masjid jadi lebih adem dari biasanya. Mari kita ajak teman-teman yang lain, kita tanam, kita tengok dan kita rawat bersama,” tuturnya.

Adanya kegiatan tersebut, Rigi juga menceritakan awal dibentuknya karang taruna kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo.

“Jadi karang taruna ini baru berjalan 3 bulan ini, mulai bulan Agustus kemarin dan partisipasi masyarakat kadang sedikit kadang banyak tergantung situasinya. Tapi alhamdulillah kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke 21 jadi sudah 20 kegiatan yang dilaksanakan. Selanjutnya masih banyak program yang akan kami laksanakan,” pungkasnya. (Penulis Tim KKN-Nizar-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: